San Jose, Kota Unik Tanpa Papan Nama: Tak Ada Nama Jalan, Tak Ada Nomor Rumah!

Share:

San Jose, ibu kota Costa Rica, Amerika Serikat, adalah kota yang aneh dan unik, sangat berbeda dengan kota-kota yang lazim ditemui. Seperti yang biasa kita lakukan, jika berjalan di tengah-tengah kota, pasti kita melihat arah papan nama yang biasa terletak di perempatan atau pertigaan jalan, untuk mengarahkan tempat yang kita tuju. Tetapi, hal semacam itu tidak ada di San Jose, Costa Rica.

San Jose di Costa Rica merupakan kota terpadat kesepuluh di Amerika Serikat, dihuni lebih dari 2,5 juta penduduk. 

Sebagai kota tempat pemerintahan nasional, titik fokus kegiatan ekonomi dan pusat transportasi utama dari negara Amerika Tengah, San Jose seringkali mengalami kendala tata persuratan, sehingga surat-surat yang dikirim tidak terkirim atau nyasar, karena tidak terdapat nama-nama jalan. 

Akibat hal itu, perekonomian di Amerika Serikat mengalami kerugian sekitar 700.000.000 dolar. Untuk itu, pemerintah Amerika lalu membuat 22.000 tanda nama jalan di kota ini. 

Lalu  bagaimana cara penduduk yang tinggal di sana berkomunikasi dan bepergian? Ternyata, mereka telah terbiasa menghafal tempat dan membaca denah peta tempat lokasi yang ingin dituju.