Resep Alami Mengatasi Sakit Kepala


Mungkin ini dapat dikatakan penyakit umum, karena sakit kepala biasa menghinggapi siapa saja dan kapan saja tanpa kenal waktu. 

Sakit kepala biasa diderita orang sebagai akibat dari suatu penyakit atau gejala tertentu. Bisa karena kelelahan, terlalu banyak pikiran, karena sakit gigi, kurang oksigen, atau karena hal lain. 

Sebenarnya, tidak ada obat yang manjur untuk mengatasi sakit kepala selain istirahat yang cukup. Sedangkan sakit kepala yang sangat terasa biasanya merupakan akibat dari gejala penyakit tipus.

Untuk mengatasi sakit kepala ini, Anda bisa memilih beberapa resep berikut ini, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Resep pertama, kompreslah kepala yang sakit dengan menggunakan daun sangket yang ditumbuk, ditambah dengan minyak gondopuro. 

Resep kedua, siapkan daun kangkung sebanyak 30 cc, dan campurlah dengan madu sebanyak satu sendok teh. Aduk-aduklah hingga merata, kemudian minumlah sebanyak tiga kali sehari.

Resep ketiga, siapkan jahe segar sebanyak 100 gram, asam tua sebanyak 50 gram, sari jeruk nipis sebanyak 20 gram, dan madu secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan air sebanyak tiga gelas. Minumlah ramuan tersebut sebanyak satu cangkir penuh dalam keadaan hangat.

Sakit kepala akan dapat lebih cepat diatasi apabila Anda sering mengkonsumsi kacang hijau, tidak meminum air yang tidak matang, serta sering mengkonsumsi kates atau buah pepaya.