Resep Alami Mengatasi Aneka Masalah Kulit

Share:

Masalah yang terjadi pada kulit bisa beraneka macam, bisa gatal-gatal karena gigitan serangga, ataupun karena radang dan infeksi, karena kulit bisa dikatakan merupakan media yang efektif bagi penyebaran infeksi serta gatal akibat serangga. Untuk mengatasi masalah-masalah kulit, Anda bisa menggunakan resep-resep yang akan dijelaskan berikut ini.

Yang pertama, Anda bisa menggunakan kunyit. Di dalam ilmu pengobatan Cina, kunyit atau kunir dipercaya bisa memperlancar peredaran darah, serta menghilangkan lebam pada kulit. 

Kunyit bahkan dapat bermanfaat sebagai penawar bisa akibat gigitan ular. Cara penggunaannya mudah, Anda cukup menghancurkan kunyit yang masih segar, dan kemudian menempelkannya pada bagian kulit yang tergigit serangga.

Yang kedua, Anda bisa menggunakan bunga sedap malam dan bunga melati. Kedua bunga ini terbukti efektif dalam menyembuhkan luka akibat gigitan serangga. Caranya, satukan kedua bunga tersebut, lalu lumatkan atau hancurkan dan oleskan pada bagian kulit yang terluka. Lakukan hal tersebut dua kali sehari.

Yang ketiga, Anda bisa menggunakan buah srikaya. Buah ini dapat mengatasi gatal-gatal akibat Anda menggaruk kulit Anda sendiri. Infeksi yang terjadi karena menggaruk kulit hingga terluka dapat diatasi dengan buah srikaya. 

Caranya, siapkan satu buah srikaya yang masih muda, cuci hingga bersih, lalu tumbuklah bersama bijinya hingga menjadi halus. Setelah itu, peraslah dan gunakan perasan air srikaya tersebut untuk mengeringkan luka dan mengurangi gatal pada bagian kulit yang terkena gigitan nyamuk tadi.

Yang keempat, Anda bisa menggunakan tanaman lidah buaya. Tanaman yang satu ini sudah terkenal sebagai sarana untuk perawatan rambut. Tetapi lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gatal atau antipuretik, untuk membunuh bakteri penyebab infeksi, melebarkan pembuluh darah kapiler, serta juga untuk mempercepat penyembuhan luka. 

Jel yang terkandung di dalam tanaman lidah buaya mengandung mineral yang bernama aloin. Cara pemanfaatannya adalah dengan mengoleskan jel tersebut pada bekas luka gigitan serangga atau luka bakar, untuk menghindari peradangan pada kulit.

Yang kelima, Anda bisa menggunakan daun mint. Wangi daun mint yang segar dapat merangsang serta menguatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Untuk memanfaatkannya, Anda cukup mengunyah lima lembar daun mint hingga terasa halus di mulut, kemudian ambil kunyahan daun mint tersebut untuk ditempelkan pada bagian kulit yang terasa sakit. 

Setelah itu, balutlah bagian tersebut dengan menggunakan kain yang berbahan halus, agar rasa dingin dari daun mint bisa menyerap ke dalam jaringan kulit.

Yang keenam, Anda bisa menggunakan bawang merah. Untuk menggunakannya, Anda bisa menyiapkan 4 siung bawang merah, kemudian ditumbuk atau digiling sampai halus. Gunakan bawang merah yang telah halus itu untuk dibalurkan pada luka bekas gigitan serangga. 

Bawang merah efektif dalam meredakan radang akibat sengatan lebah atau serangga lain, yang biasanya menimbulkan bengkak serta gatal pada kulit, dengan gejala demam serta keringat dingin.