Pria Ini Berusia 80 Tahun, tapi Memiliki Kesehatan Tubuh Usia 20 Tahun

Share:

Anak muda dan orang tua tentu saja berbeda, khususnya dalam penampilan fisik. Anak-anak muda umumnya memiliki tampilan fisik yang bugar, kencang, serta memiliki kekebalan tubuh (imun) yang lebih baik. Sementara yang sudah tua umumnya memiliki tampilan fisik yang lemah, keriput, serta kekebalan tubuhnya juga telah menurun jauh.

Namun, ternyata, memiliki penampilan dan kesehatan tubuh seperti saat masih muda bisa dilakukan, bahkan oleh orang yang telah berusia 80 tahun.

Profesor Norman Lazarus, dari King's College London, masih rutin mengayuh sepeda, meski sudah berusia 82. Kebiasaannya ini memberi hasil baik, dia masih memiliki kekebalan tubuh layaknya pria 20 tahun.

Menurut Profesor Janet Lord dari Universitas Birmingham, "Sistem kekebalan tubuh menurun 2-3 persen per tahun sejak usia 20-an." Itulah sebabnya, dilansir dari BBC International, orang tua lebih rentan terhadap infeksi, reumatik, bahkan kanker.

Bagusnya, bagi orang seperti Lazarus, proses penuaan sistem imun itu terhambat oleh olahraga yang efektif seperti bersepeda. Tentunya, jarak yang ditempuh tak pendek, Lazarus biasa mengayuh sampai 100 atau 300 kilometer beserta rekan-rekannya dalam kelompok Audax.

Pam Jones (79) dan Jim Woods (64) adalah contoh pria tua lainnya yang mendapatkan kebugaran tubuh muda dari bersepeda. Bahkan, Brian Matkins (82) diklaim tim medis memiliki lemak tubuh sesehat anak 19 tahunan.

Selain bersepeda jarak jauh, peneliti pun percaya bahwa membiasakan diri berjalan kaki sejauh 100 kilometer juga dapat membuat seseorang punya sistem kekebalan tubuh layaknya anak muda.