Panduan Penting Memahami dan Menyambut Kehamilan (Bagian 1)

Share:

Bagi wanita, kehamilan adalah sebuah anugerah. Hanya saja, bagi wanita yang baru hamil, mungkin kehamilan tidak saja disambut dengan suka cita, melainkan juga dengan sedikit kebingungan atau bahkan kekhawatiran. 

Tentu saja itu wajar, karena namanya calon ibu yang baru akan memiliki bayi tentu belum memiliki pengalaman yang cukup sebagaimana wanita yang sudah pernah memiliki bayi.

Pada umumnya, proses kehamilan berlangsung selama 40 minggu. Dalam kurun waktu tersebut, masa yang paling penting adalah trimester pertama, yaitu mulai minggu ke-1 hingga minggu ke-13. Berikut ini adalah pemaparan mengenai apa saja yang perlu Anda pahami menyangkut kehamilan Anda, juga apa saja yang perlu Anda lakukan untuk menyambutnya.

Pada waktu Anda mengetahui diri Anda hamil, segeralah mengunjungi bidan atau dokter, sehingga Anda bisa mendapatkan nasihat serta vitamin yang dibutuhkan untuk ibu hamil. Kemudian, ingatlah selalu untuk meminum vitamin yang diberikan itu secara teratur.

Trimester pertama

Pada trimester pertama, janin mulai berkembang, dan selama 60 hari pertama kebanyakan organ bayi mulai terbentuk. Pada tahap ini, janin yang masih ada dalam kandungan tersebut sangat sensitif terhadap unsur-unsur kimia yang ada di sekitarnya—khususnya obat-obatan dan virus yang bisa mengakibatkan masalah dalam kelahirannya.

Karenanya, pada masa-masa ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan Anda apabila berencana mengkonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya ketika Anda sedang merasa kurang enak badan. 

Sampai akhir trimester pertama, ukuran janin biasanya akan mencapai sekitar 3 inci dengan berat sekitar 1 ons. Pada saat tersebut, ukuran kepalanya mungkin akan terlihat tidak proporsional dengan ukuran badannya, namun itu suatu hal yang wajar. 

Berikut ini adalah beberapa perkembangan janin yang terjadi di dalam rahim Anda.
  • Pada minggu ketujuh, ibu hamil biasanya dapat melihat perkembangan janin dalam rahimnya, dan mendeteksi detak jantungnya melalui ultrasonografi (USG).
  • Pada minggu kedelapan, wajah dan roman muka bayi akan mulai terbentuk.
  • Sel tulang pertamanya mulai tumbuh.
  • Jari tangan dan kaki juga tumbuh, dengan diikuti kuku pertamanya.
  • Hati juga mulai terbentuk, dan sudah mampu membuat empedu, dan ginjal mulai mengeluarkan urine ke kandung kemih.
  • Sirkulasi dan sistem pernapasan mulai berfungsi.
  • Janin mulai bergerak, meskipun si ibu mungkin belum dapat merasakannya, hingga nanti pada usia empat bulan.

Pada masa ini, beberapa saran yang perlu dilakukan ibu hamil adalah:

Konsumsilah air, sedikitnya delapan gelas setiap hari. Makan bisa dalam porsi kecil, namun yang memiliki kandungan protein tinggi, juga zat besi dan kalsium. Apabila Anda mengalami kondisi tidak enak, semisal muntah-muntah, cobalah untuk memilih makanan yang sekiranya enak dimakan. 

Anda diperbolehkan mengkonsumsi makanan ringan yang sehat, namun meski begitu tetap perhatikan agar makanan ringan tersebut tidak sampai menghalangi jadwal makan Anda.

Luangkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Jika Anda ingin berolahraga, berjalan kaki selama 20 menit akan cukup menyehatkan jantung ibu hamil. Apabila Anda juga suka berenang atau bersepeda, Anda juga bisa melakukannya selama 15 menit, tiga kali dalam seminggu. Setelah kehamilan semakin besar, Anda bisa mengikuti senam untuk wanita hamil.

Berhentilah mengkonsumsi rokok dan minuman beralkohol—khususnya bagi Anda yang memang biasa merokok dan minum alkohol. Selain itu, kurangi mengkonsumsi kafein, dan hindari pula pemakaian obat penenang. Apabila perlu mengkonsumsi suatu obat tertentu, sebaiknya dengan izin dokter Anda.

Pada waktu payudara Anda membesar, gunakanlah bra khusus untuk wanita hamil dan menyusui. Ada baiknya untuk memilih bra yang satu nomor di atas nomor yang biasa Anda kenakan, karena sekarang payudara Anda akan terus membesar sampai kelak Anda menyusui si bayi.

Mengalami kehamilan pertama kali tidak jarang membuat wanita merasa khawatir atau waswas. Untuk mengatasinya, Anda bisa berkomunikasi dengan sesama wanita hamil, yang usia kehamilannya tak jauh beda dengan kehamilan Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa berbicara tentang kehamilan Anda dengan suami. Apabila Anda membutuhkan pengetahuan atas kehamilan yang sedang Anda alami, Anda bisa mencari buku-buku atau majalah khusus yang membahas soal kehamilan, yang dapat Anda pelajari.

Trimester kedua

Pada trimester kedua, yang berlangsung antara minggu ke-14 sampai minggu ke-26, organ-organ janin mulai matang. Pada trimester kedua ini pula perut ibu hamil biasanya akan mulai melar, dan banyak wanita hamil yang mulai menggunakan busana agak longgar di masa-masa tersebut.

Di dalam rahim, lapisan berisi cairan amniotik akan mulai terbentuk untuk melindungi si janin yang sedang berkembang. Pada masa ini pula ukuran badan janin mulai tumbuh, dan pada minggu ke-14 alat kelaminnya mulai terbentuk sempurna, sehingga pada masa ini USG akan dapat mendeteksi jenis kelamin si calon bayi.

Baca lanjutannya: Panduan Penting Memahami dan Menyambut Kehamilan (Bagian 2)