Menurut Studi, Inilah Warna Terbaik untuk Kamar agar Bisa Tidur Lelap


Apa warna dinding kamar tidur Anda? Mungkin jarang orang yang membayangkan bahwa warna atau cat dinding kamar tidur akan ikut mempengaruhi orang yang tidur di dalamnya. 

Berdasarkan penelitian, tidur di dalam kamar yang didekorasi serba biru akan memudahkan orang untuk terlelap. Rata-rata, orang yang tidur di ruangan biru bisa mendapatkan tidur yang berkualitas hingga 7 jam 52 menit setiap malam.

Meski mungkin kenyataan ini masih jarang terdengar, namun sebenarnya terapi warna untuk membantu lebih mudah tidur bukan hal yang baru. Penelitian juga mengungkapkan bahwa ada warna-warna tertentu yang benar-benar efektif dalam urusan tidur. Selain itu, para peneliti juga menemukan penyebab mengapa sebuah warna punya pengaruh yang cukup besar terhadap kualitas tidur seseorang.

Chris Iszikowski, pakar masalah tidur di Edinburgh Sleep Centre, menjelaskan, “Hasil penelitian ini menakjubkan, karena memang ada reseptor yang disebut sel ganglion di bagian retina mata yang paling sensitif terhadap warna biru. 

Reseptor ini mengirimkan informasi ke bagian terdalam pada otak yang mengontrol ritme tubuh selama 24 jam penuh, dan mempengaruhi mood serta bagaimana kita beraktivitas sepanjang hari. Interaksi antara cahaya, tidur, dan kondisi saat tubuh terjaga sangat penting.”

Sementara itu, Suzy Chiazzari, konsultan untuk Colour Therapy & Holistic Interior di Inggris, menyatakan bahwa dekorasi kamar tidur sangat mungkin mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur setiap malam. 

Dia menyetujui bahwa biru adalah warna yang menempati urutan pertama dalam studi yang meneliti warna-warna terbaik untuk tidur lebih nyenyak. Sebab, biru memiliki efek menyejukkan dan mengistirahatkan mata.

“Secara psikologis, kita mengasosiasikan biru dengan air yang tenang dan birunya langit, keduanya sangat menenangkan,” ujar Suzy Chiazzari.

Selain biru, warna lain yang juga memiliki efek positif bagi tidur adalah kuning, hijau, perak, dan oranye.

Meski kuning sering dianggap sebagai warna yang membangkitkan energi, namun penelitian menemukan bahwa warna ini justru menempati peringkat kedua setelah biru. Warna kuning mampu menciptakan atmosfer hangat dan nyaman, serta menstimulasi sistem saraf yang membantu rileksasi. 

Orang yang tidur di kamar berwarna kuning bisa tidur hingga 7 jam 40 menit. Sementara warna hijau yang memiliki efek menenangkan penuh, bisa membantu orang untuk tidur lebih nyenyak selama 7 jam 36 menit.

Sementara itu, ungu menjadi warna yang paling buruk jika Anda ingin tidur nyenyak sampai pagi. Selama ini, ungu dianggap sebagai warna yang melambangkan keagungan dan kemewahan. 

Sayangnya, meski begitu, ungu bisa membuat jam tidur Anda lebih sedikit karena warna itu memiliki efek cukup kuat dalam menstimulasi kreativitas. Tidur di dalam ruangan berwarna ungu juga cenderung menyebabkan mimpi yang sangat jelas di pikiran, bahkan mimpi buruk. Akibatnya, Anda hanya bisa tidur sekitar 5 jam, dan bangun dengan tubuh yang lelah di pagi hari.