Mengenal Razzie Award, Penghargaan untuk Film-film yang Dianggap Terburuk

Share:

Oscar Award atau Piala Oscar adalah penghargaan yang diberikan untuk insan perfilman, termasuk film terbaik, aktor dan aktris terbaik, sutradara dan penulis skenario terbaik, dan lain-lain. 

Setiap tahun, Oscar Award selalu dinantikan para penggemar film, untuk tahu siapa saja yang akan mendapatkan Oscar, dan film-film mana saja yang masuk daftar film terbaik peraih penghargaan Oscar.

Bertolak belakang dengan Oscar Award, ada pula penghargaan lain bernama Golden Raspberry Award, atau biasa disebut Razzie Award.

Razzie Award adalah kebalikan Oscar Award, yaitu penghargaan untuk karya film-film terburuk. Razzie Award pertama kali dicetuskan oleh seorang penulis Amerika, John J.B. Wilson, pada tahun 1981. 

Sejak saat itu, hingga sekarang, Razzie Award selalu diadakan. Sama seperti Oscar, ajang ini selalu dinantikan para pecinta dunia perfilman, dan juga merupakan tolak ukur kegagalan suatu karya perfilman. 

Sistem penjurian Razzie Award didasarkan pada anggota berbayar di situs resmi Golden Raspberry Award Foundation. Merekalah yang berhak menentukan pemenang. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs www.razzies.com. 

Sejak tahun 2009, pemenang juga ditentukan oleh para wartawan, penggemar bioskop, dan 35.000 pemilih di laman situs kritik film Rotten Tomatoes, serta para kritikus film yang berasal dari 45 negara bagian di Amerika Serikat, dan 19 negara lainnya.