Mengenal Moci, Makanan Enak tapi Bisa Membunuh Pemakannya

Share:

Ada banyak makanan enak di sekitar kita, namun tidak semua yang enak pasti menyehatkan. Lebih khusus lagi, tidak semua yang enak pasti aman dimakan. Salah satu makanan enak yang ternyata bisa membunuh pemakannya adalah moci, kue terkenal di Jepang.

Dilihat sepintas, moci memang tampak tak berbahaya. Namun, setiap tahun, kudapan yang sulit dimakan ini merenggut beberapa nyawa.

Moci adalah kue lembut yang terbuat dari beras ketan. Pertama kali, beras yang telah dikukus itu ditumbuk, lantas dihaluskan, dan dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, hidangan tradisional ini ramai dinikmati untuk merayakan Tahun Baru.

Kue tersebut begitu kenyal dan lengket, inilah yang membuatnya menyenangkan sekaligus mematikan. Siapa pun yang tidak mengunyahnya sampai benar-benar hancur, akan sulit memakannya. Moci akan terjebak di tenggorokan bila langsung ditelan, bikin sulit bernapas, bahkan mati lemas.

Pada pergantian tahun baru 2015 lalu, sembilan orang di Jepang meninggal karena tersedak moci. Satu korban lain pada malam tahun baru 2016. Sementara di malam tahun baru 2018, menurut laporan BBC International, dua orang meninggal dunia karena sebab yang sama.

Pemerintah Jepang sebetulnya telah mengeluarkan peringatan mengenai moci, meski setiap tahun tetap saja ada kematian karenanya. Dikabarkan, 90 persen dari korban adalah mereka yang berusia 65 tahun atau lebih.