Mengapa Wanita di Dunia Memiliki Ukuran Payudara Berbeda-beda? Ini Jawaban Sains


Meski sama-sama memiliki payudara, namun masing-masing wanita memiliki bentuk dan ukuran payudara yang berbeda. Ada yang kecil, ada pula yang besar. Bahkan bentuknya pun bisa beragam. Selain itu, umumnya, ukuran payudara ditentukan oleh latar belakang, gen, keturunan, berat badan, hormon, dan lain-lain.

Wanita yang bertubuh besar umumnya juga memiliki payudara berukuran besar, meski banyak pula wanita yang bertubuh kecil atau kurus juga memiliki payudara besar. Yang lebih menarik, meski sama-sama besar, ternyata ukuran berat payudara berbeda. Setidaknya, itulah yang terungkap dalam penelitian terbaru terkait payudara wanita.

Dalam laporan yang terbit di The Journal of Female Health Sciences, ilmuwan berusaha mengukur payudara di seluruh dunia. Sejumlah tim ilmuwan diterjunkan untuk mengukur payudara dari sekitar 400 ribu wanita yang lahir di 108 negara berbeda, dengan usia antara 28 dan 30.

Jumlah ini tak termasuk mereka yang telah menjalani operasi payudara, yang tengah hamil, atau tengah menyusui. Para ilmuwan menggunakan pita meteran dalam mengukur payudara, dan ada juga yang menggunakan eksaminasi visual dan pemindaian tiga dimensi.

Para ilmuwan yang melakukan penelitian ini kemudian membandingkan data-data yang diperoleh, dan membandingkannya berdasarkan negara asal wanita tersebut, hingga ditemukan siapa yang memiliki payudara paling besar dan paling kecil.

Kesimpulannya sebagai berikut: Wanita yang lahir di Amerika Serikat memiliki payudara yang jauh lebih besar daripada wanita di negara-negara lain. Sementara wanita yang lahir di Afrika dan Asia, khususnya Asia Timur, memiliki ukuran payudara paling kecil. 

Menariknya, seperempat dari warga Amerika-Kaukasia memiliki payudara seberat 5,7 kg, sementara seorang wanita Filipina, yang termasuk memiliki payudara terbesar, beratnya hanya 0,3 kg. Wanita Kaukasia-Amerika memiliki ukuran rata-rata payudara lebih besar daripada ukuran F di Eropa, meski para ilmuwan mengakui berat badan wanita tersebut ikut berpengaruh, dan berat badan wanita Amerika adalah yang terberat.

Wanita Kanada diketahui memiliki ukuran payudara kedua terbesar, dengan rata-rata E, diikuti wanita Irlandia di peringkat ketiga, wanita Polandia keempat, wanita Inggris kelima, wanita Belanda keenam, dan wanita Islandia ketujuh. Wanita di negara-negara tersebut memiliki ukuran payudara rata-rata D-cup seperti halnya di Australia, Selandia Baru, Islandia, Norwegia, Kolombia, dan Venezuela.

Sementara wanita di Filipina memiliki payudara terkecil, dengan ukuran rata-rata A-cup. Para peneliti merasa adanya kesadaran mengenai perbedaan ukuran payudara, karena menurut mereka, ukuran payudara berhubungan langsung dengan harga diri dan status sosial.

Berikut daftar lengkapnya:

Payudara terbesar:
1. Amerika Serikat
2. Kanada
3. Irlandia
4. Polandia
5. Inggris Raya

Payudara terkecil:
1. Filipina
2. Malaysia
3. Bangladesh
4. Samoa
5. Kepulauan Solomon