Mengapa Uang Kertas Memiliki Nomor Seri, dan Kenapa Nomor Seri Cantik Harganya Mahal?

Share:

Anda sudah pasti tidak asing dengan benda bernama uang. Sebagai alat pembayaran dan alat tukar, hampir setiap hari Anda bersentuhan dengan benda ini.

Namun, pernahkah Anda memerhatikan kalau pada setiap uang yang Anda pegang memiliki nomor seri yang berbeda-beda? Anda bisa melihat nomor seri pada uang Anda di bagian pojok kiri bawah atau di bagian pojok kanan. Jika Anda memerhatikannya, pasti nomor seri uang Anda terdiri atas tiga huruf dan enam angka, conoth AJB888999 atau AJC999878.

Lalu, apa maksud dari nomor seri pada uang yang beredar?

Maksud dari nomor seri uang yang beredar adalah untuk mengetahui jumlah uang yang beredar dan menjadi identitas dari setiap uang yang beredar. Oleh karena itu, tidak akan pernah ada, uang yang memiliki nomor seri yang sama dan sistem pemberian nomor seri oleh Bank Indonesia adalah menggunakan tiga huruf yang sering disebut prefiks dan enam angka. Penyusunanan nomor seri adalah huruf berada di depan dan diikuti oleh angka.

Untuk bagian angka yang digunakan adalah enam digit, yaitu 000001 sampai 999999. Enam digit dipilih karena bisa lebih memudahkan perhitungan nominal yang sudah dicetak. Selain itu, untuk kode huruf digunakan 24 huruf karena huruf I dan X tidak dipakai.

Nomor seri uang yang beredar terkadang memiliki kombinasi yang cantik, seperti ABC123456 dan nomor seri yang cantik seringkali menjadi buruan bagi banyak orang karena dipercaya bisa membawa keberuntungan. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang yang menjual uang dengan nomor seri cantik mematok harga yang tinggi. Bahkan, lebih mahal dari nominal uang yang ada pada uang itu sendiri.