Mengandung Banyak Air, Ini 4 Makanan yang Bisa Hilangkan Dahaga

Share:

Air adalah kebutuhan penting bagi tubuh kita, karena sebagian besar komposisi tubuh memang terdiri dari air. Kita pun disarankan untuk selalu mengonsumsi air dalam jumlah cukup, khususnya air putih yang alami. 

Asupan air tersebut untuk menghindarkan kita dari dahaga dan kemungkinan dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh. Namun, kadang orang bosan mengonsumsi air putih terus-menerus, karena kenyataannya air putih tidak memiliki rasa sama sekali.

Untuk mengatasi masalah semacam itu, Anda bisa memilih sarana lain yang sama-sama mampu menghilangkan dahaga serta menjauhi kemungkinan dehidrasi, namun tetap alami, bahkan memiliki khasiat lebih. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa diambil.

Semangka

Semangka sudah terkenal sebagai buah yang manis dan penuh air. Sekitar 92 persen semangka terdiri dari air. Selain mampu mengatasi dahaga, semangka juga kaya vitamin C, serta mengandung banyak likopen yang melawan sel kanker. Dalam setiap sajian, semangka mengandung 45 kalori. Buah ini termasuk makanan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

Persik

Tidak jauh beda dengan semangka, persik juga kaya air—sekitar 88 persen dari buah persik adalah air. Selain itu, persik juga kaya vitamin C, vitamin A, niacin, potasium, dan serat diet. Hal lain yang menjadikan persik layak dikonsumsi karena mengandung phenolic acid yang bisa menghancurkan sel kanker payudara. 

Mentimun

Mentimun mengandung 96 persen air, hingga pantas jika mentimun memiliki kesan dingin. Selain pengobat dahaga, mentimun juga mengandung vitamin K dan zat antioksidan, serta zat anti-peradangan yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Dalam setiap irisan mentimun terkandung 20 kalori.

Kubis

Di antara semangka atau mentimun, kubis mungkin tidak tampak mengandung air. Tetapi kubis diketahui mengandung 90 persen air. Karenanya, sebagaimana yang lain, kubis juga mampu mengatasi dahaga. Kenyataannya, jika kita makan kubis, jarang sekali kita merasa kehausan setelahnya. 

Selain mengandung banyak air, kubis juga mengandung serat diet, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, dan mangan. Kubis juga bisa menjadi sumber yang baik untuk nutrisi seperti kalsium dan zat besi, sementara kalorinya rendah.