Memakai Kaus Kaki Ternyata Bisa Membantu Kita Cepat Tertidur

Share:

Bantal, guling, dan selimut menjadi perkakas penting untuk tidur. Di luar itu, ada pula kaus kaki yang konon dapat membuat Anda tertidur dengan lebih cepat.

Manfaat menggunakan kaus kaki saat tidur itu disampai oleh seorang dokter, Jess Andrade, melalui platform media sosial TikTok. Mengenakan kaus kaki, sebutnya, dapat membantu tertidur lebih cepat.

"Jadi, memakai kaus kaki membuat kaki Anda hangat dan membuka pembuluh darah, yang bisa mendinginkan tubuh. Tubuh yang menjadi dingin memberi tahu otak bahwa sudah waktunya untuk tidur," ujar Andrade, dalam video tersebut.

Informasi itu tak sembarangan dibuatnya. Andrade merujuk sebuah studi pada 2007 yang menemukan bahwa metode penghangat kaki--termasuk salah satunya menggunakan kaus kaki--membuat tidur jadi lebih cepat.

Selain itu, Andrade juga merujuk penelitian yang lebih baru pada tahun 2018 yang menemukan bahwa peserta yang memakai kaus kaki 7,5 menit lebih cepat untuk tertidur daripada mereka yang tidak mengenakan kaus kaki.

"Saya merasa setiap waktu tidur sangat berarti untuk kesehatan. Jadi, saya tahu, apa pun dapat saya lakukan untuk membantu diri saya tertidur," kata Andrade.

Roxanne Prichard, profesor psikologi dari St. Thomas University membenarkan hal tersebut. Pembuluh darah yang terbuka membantu mendinginkan tubuh, hingga pada gilirannya membuat seseorang tertidur lebih cepat.

"Selain mengenakan kaus kaki, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk membuka pembuluh darah," ujar Prichard, mengutip Insider. Misalnya saja, mandi air hangat dan membuat suhu kamar tidur tetap sejuk. Secangkir teh hangat sebelum tidur juga dapat membantu mempercepat penurunan alami suhu inti tubuh.

"Penurunan alami suhu inti tubuh membantu memberikan sinyal pada otak bahwa sudah waktunya untuk tertidur," jelas Prichard.