Manfaat Buah Kasturi, dari Sumber Vitamin sampai Pemberi Energi (Bagian 2)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Manfaat Buah Kasturi, dari Sumber Vitamin sampai Pemberi Energi - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan di dalam buah kasturi membantu melindungi kulit dari efek radikal bebas akibat polusi dan udara yang tercemar. Selain itu, AHA (alpa hydroxyl acid) yang terdapat pada kulit buah kasturi mampu membantu peremajaan kulit, dan mempercepat pengelupasan sel-sel kulit yang telah mati.

Mencegah kanker

Buah kasturi memiliki kandungan senyawa-senyawa penting yang mampu mencegah kanker. Selain antioksidan, senyawa penting lain yang membantu fungsi pencegahan kanker adalah asam galat, astragalin, filsetin, kuersentin, dan metilgallat.

Meningkatkan nafsu makan

Rasa asam pada buah kasturi dihasilkan oleh beberapa asam, khususnya asam sitrat. Komposisi asam pada kasturi sekitar 0,31% sampai 0,71%. Selain rasa asam, terdapat pula rasa manis yang saling berkombinasi. 

Kombinasi rasa itulah yang merangsang selera makan semakin meningkat. Karenanya, orang yang kehilangan nafsu makan bisa kembali berselera makan setelah mengonsumsi buah ini.

Aman untuk penderita hipertensi

Buah kasturi mengandung banyak mineral, di antaranya zat besi, kalium, magnesium, fosfor, potassium, tembaga, seng, mangan, dan selenium. Meski ada banyak mineral yang dikandung buah ini, namun mineral-mineral tersebut masih dalam jumlah yang lebih sedikit, dibandingkan kadar vitamin yang terkandung di dalamnya. 

Selain itu, rasio antara natrium dan kalium dalam buah kasturi masih dalam jumlah yang rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.

Sumber energi

Daging buah kasturi mengandung karbohidrat dalam bentuk selulosa, pati, dan gula sederhana, berupa glukosa dan fruktosa. Selain memberi rasa manis, gula yang terdapat pada buah kasturi juga memiliki manfaat dalam memberi energi yang langsung dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Melindungi saluran pencernaan

Manfaat paling khas buah-buahan umumnya adalah kandungan serat yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan buah kasturi. Kandungan serat yang terkandung dalam kasturi memiliki manfaat dalam melindungi saluran pencernaan, serta mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kasturi memiliki kandungan karotenoid. Ditambah dengan aneka vitamin di dalamnya, buah kasturi pun mampu membantu sistem imun atau kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga kesehatan mata

Buah kasturi memiliki kandungan karoten yang tinggi. Ditambah vitamin A, kandungan tersebut mampu memberi dampak positif untuk kesehatan mata.

Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol jahat dalam tubuh memberi dampak negatif bagi kesehatan, seperti gangguan pada jantung dan hati. Buah kasturi, dengan segala nutrisinya, mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh kita.