Manfaat Buah Acaiberi, dari Menjaga Kesehatan Tulang sampai Mencegah Infeksi

Share:

Acaiberi (acaiberry) adalah salah satu jenis buah beri (berry) yang telah lama dikonsumsi oleh masyarakat pedalaman di hutan Amazon sejak ribuan tahun lalu, dan pohon buah ini masih bertahan sampai sekarang. 

Masyarakat Indonesia mungkin tidak atau belum biasa mendengar nama buah ini, karena kenyataannya acaiberi memang bukan buah asli Indonesia. Selain itu, acaiberi juga kalah populer dibandingkan jenis buah beri lain, semisal stroberi (strawberry) atau blackberry.

Meski namanya asing di Indonesia, namun bukan berarti buah ini tidak terdapat di Indonesia. Di beberapa swalayan, khususnya yang menyediakan buah-buahan impor, buah acaiberi biasanya juga tersedia. Karenanya, jika Anda tertarik dan penasaran dengan buah ini, Anda bisa mencarinya di toko modern atau swalayan, karena di pasar tradisional bisa dibilang sulit ditemukan.

Selain bisa ditemukan dalam bentuk buah segar, acaiberi juga telah dikemas dalam bentuk pil atau kapsul suplemen, yang tersedia di beberapa apotek. Kenyataannya, buah acaiberi memang memiliki beragam manfaat dalam membantu menjaga kesehatan, di antaranya berikut ini.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Acaiberi mengandung vitamin dan mineral yang berlimpah, yang salah satu manfaatnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kekebalan (imunitas) tubuh. Saat daya tahan dan kekebalan tubuh terjaga, kita pun tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga tubuh senantiasa segar

Manfaat ini merupakan lanjutan dari manfaat sebelumnya, terkait daya tahan dan kekebalan tubuh. Setelah berhasil meningkatkan daya tahan dan menjaga kekebalan tubuh, orang yang mengonsumsi acaiberi pun dapat beraktivitas dengan tubuh yang sehat dan segar (tidak mudah lelah).

Antioksidan

Acaiberi mengandung antioksidan yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan membantu menghindarkan tubuh dari berbagai pernyakit, terutama penyakit yang bersifat kronis.

Mencegah tumbuhnya kanker

Selain berfungsi sebagai antioksidan, acaiberi juga dapat bermanfaat sebagai antikanker. Dengan kandungan vitaminnya yang tinggi, acaiberi membantu mencegah pertumbuhan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Acaiberi sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal itu berdampak pada kesehatan jantung yang lebih terjaga, dan gangguan atau masalah pada jantung bisa ditekan atau dihindari.

Menjaga kesehatan pencernaan

Seperti umumnya buah lain, acaiberi memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan, terutama bagian usus. Mengonsumsi acaiberi sama artinya membersihkan pencernaan, juga mencukupi kebutuhan serat pada tubuh.

Menambah energi tubuh

Seperti buah-buahan beri lainnya, acaiberi mengandung gizi yang baik dalam memberikan asupan energi yang cukup tinggi bagi tubuh. Hal itu tentu sangat baik, khususnya bagi Anda yang sedang melakukan diet karbohidrat.

Menurunkan kolesterol

Bagi yang menderita kolesterol tinggi, ada baiknya untuk mengonsumsi acaiberi, karena buah ini efektif dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Selain mengontrol kadar kolesterol, acaiberi juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Menjaga berat badan

Mengonsumsi acaiberi juga membantu menjaga berat badan. Karenanya, orang yang sedang menjalani diet dalam upaya menurunkan berat badan bisa mengonsumsi acaiberi untuk mengoptimalkan hasilnya.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kandungan vitamin E dalam acaiberi diketahui dapat membantu menjaga kesehatan kulit serta kesehatan rambut. 

Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat, yang termasuk masalah kulit, bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi acaiberi, karena buah ini mengandung vitamin E dan C dalam kadar tinggi, yang baik dalam mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat.

Antiiritasi

Vitamin C kadar tinggi dalam buah acaiberi sangat baik untuk menjaga kesehatan. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin tersebut juga membantu mencegah iritasi pada tubuh.

Mencegah penuaan dini

Penuaan dini diketahui sangat terkait dengan radikal bebas. Dalam hal ini, acaiberi mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Karenanya, mengonsumsi buah ini dapat mencegah penuaan dini yang disebabkan radikal bebas.

Menjaga kesehatan tulang

Selain kandungan vitamin, acaiberi juga mengandung kalsium dan fosfor, yang merupakan mineral sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang.

Mencegah infeksi

Infeksi dapat terjadi di luar maupun di dalam tubuh. Kandungan vitamin C dalam acaiberi dapat membantu mencegah terjadinya infeksi.

Membantu pembentukan massa otot

Acaiberi termasuk buah yang mengandung protein tinggi. Karenanya, acaiberi dapat bermanfaat dalam membantu pembentukan massa otot, serta dapat membantu proses penguraian lemak dalam tubuh.