Kisah Tragis dan Menyedihkan di Balik Komik Shincan yang Terkenal

Share:

Jepang memiliki banyak tokoh komik yang terkenal, yang disebut anime. Tokoh-tokoh kartun Jepang yang terkenal di antaranya Doraemon, Inuyasha, One Piece, Naruto, sampai si lucu Crayon Shincan. Sebegitu terkenal, sampai tokoh-tokoh dalam komik itu kemudian menjadi serial televisi, yang digemari banyak orang di dunia, dari anak-anak sampai orang dewasa.

Terkait Shincan, tentu kita tahu siapa dia—sosok bocah lucu dengan kenakalan yang kadang membuat kita tertawa sambil geleng-geleng kepala. Ternyata, kisah Shincan memiliki latar belakang yang tragis. Berbeda dengan sosoknya yang tampil di komik atau televisi, kisah di balik sosok bocah itu justru sangat menyedihkan.

Dilansir dari Rocketnews24, Shinchan yang bernama asli Nohara Shinosuke itu sudah tak ada di dunia, dan merupakan sosok rekaan sang ibu, Misae. Ada sebuah urban legend di Jepang, yang menjelaskan kalau Shinchan cuma sosok yang hidup dalam pikiran Misae. Sebenarnya, Shinchan dan sang adik, Himawari, telah tewas sejak lama. 

Konon, saat itu Shinchan yang masih berusia lima tahun hendak menyelamatkan Himawari dari tabrakan mobil. Namum malang, Shinchan dan Himawari justru tewas dalam kecelakaan mengenaskan tersebut. Kematian Shinchan dan Himawari begitu menghancurkan hati Misae. 

Misae menjadi seorang ibu yang tertutup, dan berkubang dalam kesedihan. Di saat itulah dia mulai membayangkan andai Shinchan dan Himawari masih hidup. Semua bayangan dan imajinasi itu dituangkan Misae lewat kisah yang dia gambarkan lewat crayon milik Shinchan, sehingga kisahnya bernama Crayon Shinchan.

Tentu saja kenyataan ini membuat fans Shinchan terkejut luar biasa. Mereka yang awalnya sebal dengan tingkah Shinchan langsung berlinangan air mata saat mengetahui kisah asli Shinchan. Jadi tingkah Shinchan sehari-hari bersama Himawari yang lucu itu hanyalah memori di dalam hati dan kepala Misae.

Meskipun urban legend itu tak sepenuhnya diyakini, namun ada yang percaya jika teori itu benar. Salah satu buktinya diungkapkan di film “Crayon Shinchan: Super Dimension! The Storm Called My Bride”, yang menceritakan sosok Shinko-chan, yang diduga kuat sebagai adik Shinchan. 

Shinko kerap kali menyebut oni-chan (kakak) saat memanggil Shinchan. Selain itu, dalam film itu juga tak diperlihatkan sosok Shinchan saat dewasa bersama teman-temannya, yang semakin memperkuat kalau Shinchan memang sudah meninggal dunia.

Tak menyangka, bukan? Di balik kegemasan dan kenakalan Shincan, ternyata kisah aslinya membuat kita terharu.