Kisah Randy Gardner, Pria Amerika yang Tidak Tidur 11 Hari Tanpa Henti

Share:

Rekor tidak tidur paling lama terjadi pada 1963, ketika Randy Gardner, seorang remaja California, Amerika Serikat, tidak tidur selama 264 jam atau 11 hari nonstop. Selama tidak tidur berhari-hari, Randy Gardner dipantau oleh sekelompok dokter. 

William Dement, seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, California, AS, menyatakan bahwa mood Randy Gardner terus berubah, memori dan konsentrasinya hilang, koordinasi dan kemampuan bicaranya terganggu, serta mengalami halusinasi.

Jadi, selama tidak tidur berhari-hari, Randy Gardner bukan tidak mengalami masalah. Bagaimana pun, tidak tidur berhari-hari yang dilakukannya memberi dampak negatif pada fisiknya. 

Peristiwa itu juga memberi ilustrasi bahwa mungkin manusia mampu untuk tidak tidur sampai beberapa hari, tetapi bukan tanpa efek apa pun. Bagaimana pun, tubuh membutuhkan istirahat, dan istirahat yang baik adalah yang teratur. Tidur dianggap sebagai istirahat terbaik bagi tubuh setelah lelah beraktivitas.

Jangankan sampai tidak tidur sama sekali, bahkan kurang tidur saja sudah membawa dampak berbahaya. Tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga bagi orang lain. Kita mungkin sudah sering mendengar mobil yang menabrak sesuatu atau seseorang karena pengemudinya mengantuk.