Kiat-kiat Menyelamatkan Diri agar Tidak Tersambar Petir

Share:

Lembaga ilmiah Amerika Serikat yang fokus di bidang kondisi laut, iklim dan atmosfer (NOAA) menjelaskan bahwa sambaran petir merupakan salah satu penyebab kematian paling fatal di bagian tenggara Amerika.

Adapun beberapa peralatan di rumah yang bisa menyebabkan tersambar petir adalah saluran telepon, talang besi, Internet, kabel, bingkai jendela yang terbuat dari logam, telivisi, dan benda-benda yang mampu menghantarkan arus listrik dari petir.

Untuk menghindari sambaran petir di rumah, masyarakat dapat mengantisipasinya dengan beberapa hal, seperti tidak memasang antena TV atau sejenisnya yang terbuat dari logam dan terhubung dengan instalasi rumah dengan posisi yang tinggi.

Lebih lanjut, antena yang terbuat dari logam dapat dipasang setidaknya lebih rendah dari pohon yang tinggi menjulang atau objek tinggi lainnya. Selain itu masyarakat perlu memesang penangkal petir di sekitar rumah. Hal ini bertujuan agar rumah tidak terbakar ketika petir menyambar.

Berdasarkan akun Instagram @infobmkg, kiat-kiat menghindari tersambar petir antara lain, segera masuk ruangan, jangan berlindung di bawah pohon, jauhi kolam renang, jauhi tempat terbuka, berhenti mengendarai motor, dan jauhi tiang listrik.