Kenapa Pria Juga Harus Pakai Skincare? Ini Penjelasannya

Share:

Jangan beranggapan cuma perempuan yang butuh skincare. Skincare pria juga tak kalah penting, pasalnya perawatan kulit tidak mengenal jenis kelamin. Kulit pria dan wanita sama-sama harus dirawat agar tak rusak dan kehilangan fungsinya untuk melindungi organ di bawah kulit.

Buat pria dan wanita, perawatan kulit sama penting dan manfaatnya, yang membedakan hanyalah tahapan perawatan dan juga jenis perawatannya.

Penyanyi sekaligus YouTuber Calvin Jeremy mengaku mulai menjaga kesehatan kulit sejak mengambil pendidikan S2 di Filipina. Sejak tinggal di Filipina, Calvin mengaku kulitnya terasa lebih kering hingga dia pun memilih untuk lebih memerhatikan kulitnya dan mulai memakai skincare.

"Dulu itu, pria merawat kulit dianggapnya ih centil banget. Tapi sebenarnya merawat diri terutama kulit itu kan penting, jangan sampai menyesal kalau sudah muncul penuaan dini atau jerawat dan kusam," kata Calvin.

Diakui Calvin, perawatan yang dia lakukan juga didorong oleh sang istri yang gemar mengingatkannya agar bisa menjaga kesehatan diri. Kesehatan tak hanya soal menjaga diri dari penyakit, tapi juga kesehatan berkaitan dengan kulit.

Apalagi, profesinya sebagai publik figur juga menuntut untuk memiliki penampilan yang paripurna, salah satunya kulit sehat tak berjerawat.

"Aku juga kan (pakai) make up, kalau kulitnya nggak sehat itu kasian MUA-nya juga harus maksimal kerja buat nutupin kulit aku yang rusak," ujarnya.

Minimal, kata Calvin, pria setidaknya harus menggunakan facial wash atau pembersih wajah dan sunscreen. Kedua jenis skincare pria ini berguna untuk menjaga dan membersihkan kulit, terutama dari paparan sinar matahari yang cukup berbahaya.

"Karena matahari kan tidak melihat gender, jadi tabir surya itu penting banget dipakai," kata dia.

Hal sama juga diungkap oleh aktris Della Dartyan yang tenar lewat perannya sebagai Arini di film Love For Sale. Ia menyebut, pria yang merawat kulit, terutama wajah, membuktikan self love dan peduli terhadap kebersihan diri. Dia menyebut sangat senang jika ada pria yang memang gemar merawat kulit.

"Kalau laki-laki merawat wajah berarti dia care, peduli dengan dirinya," kata dia.

Bahkan diakui Della, dia kerap kali meminta pacarnya untuk rutin merawat kulit wajah. Minimal membersihkan muka dengan facial wash dan menggunakan serum wajah.

"Kalau gak dibersihkan, wajah bisa jerawatan, apalagi biasanya cowok itu kalau jerawatan gede-gede. Jadi penting banget facial wash dan serum, aku selalu ingatkan pacar aku untuk pakai dua skincare ini," kata dia.

Lalu apa yang bikin pria tak betah rutin pakai skincare?

Salah satu jawabannya adalah karena banyaknya langkah yang harus dipakai dan dianggap tak praktis.

"Rutinitas perawatan kulit pria yang baik harus sederhana dan lugas," kata dokter kulit Yoram Harth, pendiri MDAcne, dikutip dari Forbes.

"Jenis produk yang digunakan tergantung pada usia dan jenis kulit setiap individu. Mereka harus lebih mengeringkan untuk pria yang lebih muda dengan kulit berminyak, dan lebih menghidrasi untuk pria yang lebih tua atau pria dengan kulit kering."