Jangan Lakukan, 7 Hal Sepele Ini Dapat Merusak Pertemanan!

Share:

Manusia adalah makhluk individual yang selalu membutuhkan orang lain. Dijauhi oleh teman adalah hal yang sangat menyedihkan. Namun sering kali sikap yang kita lakukan dapat membuat teman kita merasa tidak nyaman. Berikut 7 hal yang dapat merusak pertemanan.

1. Berbohong

Kejujuran adalah kunci utama dalam keberhasilan hubungan. Apabila seseorang sudah berbohong, maka setelahnya tidak ada rasa percaya di kemudian hari. Kebohongan akan menghancurkan kepercayaan.

2. Menjelekkan di Belakang

Setiap orang memiliki kekurangan. Namun menjaga keburukan seorang teman dengan tidak menyebarkannya adalah sikap yang sangat bijak. Siapa pun pasti tidak bersedia keburukannya diceritakan oleh orang lain.

3. Enggan memberikan pertolongan

Menolak ketika dimintai tolong dapat membuat seseorang merasa bahwa ia tidak dipentingkan. Hal tersebut menjadikan seseorang tidak bersedia pula saat dimintai pertolongan.

4. Bersikap tak peduli

Manusia adalah makhluk yang sangat suka diperhatikan dan dianggap keberadaannya. Bersikap tak peduli akan membuatmu dijauhi oleh orang-orang di sekitar. Umpan balik yang akan kamu terima adalah kembali tidak dipedulikan oleh orang lain.

5. Berkata kasar

Sebagian orang mengingat perkataan kasar yang pernah diungkapkan oleh temannya. Perkataan tersebut dapat meninggalkan luka yang dalam bagi seseorang. Oleh karena itu, menghindari berkata kasar atau memaki adalah langkah yang tepat agar pertemananmu baik-baik saja.

6. Tidak menepati janji

“Kerbau dipegang talinya, manusia dipegang janjinya”. Ungkapan tersebut menunjukkan betapa berharganya sebuah janji dalam suatu hubungan. Mengingkari janji akan merepotkan orang lain, sehingga tak jarang seseorang memilih memutuskan pertemanan dengan orang yang tak menepati janji.

7. Sering meluapkan emosi

Adakalanya manusia memiliki suasana hati yang tidak baik. Namun meluapkan emosi kepada teman hanya akan membuat orang tersebut merasa tidak nyaman. Ada baiknya kita bercerita dengan santai ketika terdapat permasalahan dan meminta saran dengan cara yang lebih santun.

Nah itulah hal-hal yang dapat merusak pertemanan. Semoga kita bisa menghindarinya ya agar hubungan pertemanan selalu terjalin baik.