Hasil Penelitian: Snapchat Mampu Menumbuhkan Mood Positif Penggunanya

Share:

Instagram dianggap sebagai media sosial terburuk terkait kesehatan mental, karena media sosial tersebut disinyalir menjadikan para penggunanya merasa tidak bahagia. 

Hal itu bisa dimaklumi, karena memang Instagram adalah media sosial tempat berbagi foto. Para penggunanya pun memanfaatkan hal itu untuk mengunggah foto-foto mereka yang dianggap menarik, dan lama-lama hal itu menjadi semacam ajang pameran dan kompetisi.  

Kenyatannya, kecanduan media sosial bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan mental. Selain mengusik pertemanan di dunia nyata, media sosial juga berpotensi menimbulkan stres, perilaku narsisisme, bahkan depresi.

Namun, hasil penelitian terbaru menunjukkan ada satu aplikasi media sosial yang ternyata bisa membuat penggunanya lebih bahagia. Facebook, Twitter, Path, Instagram, atau Skype?

Jawabannya adalah Snapchat. Media sosial ini ternyata lebih baik untuk kesehatan mental ketimbang aplikasi serupa lainnya. Setidaknya, itu yang terungkap berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Information, Communication & Society, seperti dikutip dari Self.

Studi melibatkan 154 pengguna smartphone sebagai partisipan. Kondisi mental para partisipan dianalisa berdasarkan teks yang mereka tulis di media sosial dalam waktu yang tidak ditentukan selama sehari penuh, dalam periode dua minggu.

Interaksi yang didapat dari pesan teks juga dianalisa. Apakah muatan pesan menimbulkan interaksi dan juga mood yang positif pada pengguna.

Setelah menganalisa, para peneliti dari University of Michigan menemukan bahwa ketika partisipan berinteraksi lewat Snapchat, mood mereka lebih bahagia. Tingkat kebahagiaan meningkat setelah berinteraksi dengan Snapchat selama 10 detik, ketimbang ketika mereka ber-media sosial lewat Facebook, Path, atau Twitter.

Terlebih lagi, kebanyakan orang akan memberi perhatian lebih ketika melihat pesan di video Snapchat. Dari hasil analisa juga diketahui bahwa responden melihat Snapchat bukan sebagai media untuk pamer foto atau video, melainkan tempat untuk berbagi momen-momen spontan secara jujur dan apa adanya.

Snapchat merupakan aplikasi pesan mobile, dimana pengguna dapat saling berkirim video dan foto yang akan terhapus secara otomatis setelah 10 detik. Pesan dan video juga dapat lebih menarik dengan menambahkan teks maupun coretan pensil.