Hal Penting yang Perlu Dipahami Jika Aktif di Media Sosial Internet

Share:

Di internet ada banyak media sosial, forum, atau sejenisnya, yang bisa dimasuki siapa pun yang berminat. Beberapa media sosial yang terkenal di antaranya Twitter, Facebook, Instagram, hingga LinkedIn, dan lain-lain. Masing-masing layanan media sosial atau forum tersebut memiliki term of service atau ketentuan layanan yang harus dipatuhi oleh anggota atau pendaftar.

Karenanya, ketika kita mendaftar ke suatu media sosial atau forum, kita biasanya akan diminta membaca peraturan tersebut, untuk kemudian melakukan centang, sebagai tanda bahwa kita telah membaca dan memahami ketentuan yang ada. Namun, sayangnya, kebanyakan orang malas membaca term of service, dan langsung saja mencentang tanda.

Padahal, penting untuk kita memahami apa yang disebut terms of service dalam suatu layanan, karena dengan begitu kita akan tahu syarat-syarat apa saja yang harus dipatuhi atau tidak boleh dilanggar. 

Baru-baru ini ramai diberitakan tentang sebuah organisasi yang mengungkapkan kekecewaan kepada sebuah platform sosial media ternama, dengan cara melakukan protes di depan kantor perwakilannya di negeri ini. 

Kekecewaan tersebut datang karena mereka terlalu sering mendapati pemblokiran terhadap akun media sosial yang dimiliki. Tentu pemblokiran tersebut tak lepas dari adanya sebab. 

Apakah sebuah layanan, misalnya Twitter, akan secara sepihak memblokir sebuah akun? Tentu jawabanya tidak, karena bisa-bisa Twitter terkena tuntutan dari pengguna yang diblokir secara sepihak tersebut. 

Sebuah layanan, seperti Twitter, memiliki yang terms of service, atau ketentuan layanan, yang perlu dibaca dan dipahami secara sadar sebelum menjadi penggunanya. Kkarena itu, sudah seharusnya kita memahami, atau paling tidak membaca keseluruhan ketentuan penggunaan layanan tersebut. Jika sewaktu-waktu akun kita kena blokir, maka secara sadar kita tahu penyebab kenapa sampai diblokir. 

Ada juga yang disebut pedoman komunitas, atau ketentuan dalam berkomunitas, di sebuah forum atau grup. Kita juga wajib mematuhinya. 

Bila kita bergabung dalam sebuah komunitas atau grup di sebuah platform, forum, atau sosial media, dan tidak memperhatikan aturan yang tertulis di sana, dan suatu ketika tanpa sadar melanggar salah satu ketentuan di grup tersebut lalu akun kita kena blokir, maka yang pertama terpikir di benak kita adalah kebingungan. 

Padahal selama memiliki akun di platfom sosial media atau forum, kita tidak pernah melakukan kesalahan seperti tindakan penghinaan atau ancaman dan lain sebagaianya. 

Tapi karena mungkin di grup atau forum tersebut ada aturan yang menyatakan tidak diperbolehkan untuk posting yang mengarah ajakan atau hasutan ke hal-hal negatif, maka secara otomatis ketika ada kata-kata yang mengandung hal-hal di atas terposting di grup tersebut maka akun pun langsung terkena blokir. 

Di sebuah platform ternama biasanya ada filter kata-kata atau kalimat untuk konten negatif yang bertentangan dengan isi terms of service yang mereka miliki. Jika terdeteksi maka secara otomatis akun yang menulis atau mempublikasikan salah satu kata atau kalimat yang bertentangan tersebut akan langsung terblokir. 

Jadi, penting bagi kita untuk memahami apa itu terms of service di setiap layanan, baik yang ada di dunia maya maupun dunia nyata.