Foto Menawan di Media Sosial Belum Tentu Sesuai Aslinya

Share:

Pamer foto dan media sosial adalah kombinasi yang saat ini mewabah di seluruh dunia. Ada banyak orang, khususnya perempuan, yang sangat senang mengunggah foto-fotonya di media sosial, entah Twitter, Facebook, Instagram, atau lainnya, sambil mungkin berharap mendapat apresiasi positif semisal pujian karena kecantikannya.

Kenyataannya, foto-foto yang kita saksikan di media sosial memang rata-rata menawan. Para perempuan yang tampil dalam foto-foto tersebut rata-rata berkulit putih atau terang, bersih, dengan wajah yang proporsional, atau—dengan kata lain—cantik. 

Di media sosial, seperti yang kita lihat, banyak sekali perempuan yang cantik dan menawan. Tapi benarkah mereka memang cantik dan menawan?

Ketika teknologi seperti Photoshop mulai populer, banyak orang juga mengandalkan Photoshop untuk melakukan “rekayasa” pada foto-foto mereka. Kalau pun tidak bisa menggunakannya, ada jasa profesional yang bisa “menyulap” wajah biasa-biasa saja dalam foto bisa tampil cantik dan menawan.

Salah satu orang yang ahli dalam mengedit foto digital adalah pengguna media sosial China, Weibo, dengan akun @Kanahoooo. Dia membuka jasa memperbaiki 'cacat' atau 'kekurangan' fisik seseorang dalam foto, hingga tampak lebih baik dari aslinya.

Dengan menggunakan aplikasi Photoshop, @Kanahoooo mampu membuat wajah seseorang tampak lebih cantik dan tampan. Tidak itu saja, dia juga bisa mengubah bentuk badan terlihat lebih ramping. Karena kepiawaiannya dalam mengolah foto digital itulah, master Photoshop ini dijuluki Photoshop Hero oleh para pelanggannya yang mencapai ribuan.

Pengguna Weibo dengan 400 ribu lebih followers ini tidak pilih-pilih terhadap pelanggannya. Banyak pria atau wanita yang ingin menggunakan jasanya.

Ada pendapat mengapa bakat seperti yang dimiliki @Kanahoooo ini berkembang dengan baik di China. Semua ini karena adanya kecemasan dan depresi yang melanda pengguna media sosial di Asia, khususnya para remaja.

Para pelanggan Kanahoooo memang sebagian besar berasal dari Asia, seperti China, Korea, dan Singapura. Tekanan untuk tampil cantik atau tampan di media sosial telah membuat mereka mengalami kecemasan dan depresi.

Mereka membutuhkan Kanahoooo untuk mengedit foto-foto mereka agar tampil mendekati 'standar'. Terlepas dari masalah tersebut, foto-foto hasil editan @Kanahoooo memang tampak luar biasa. Perubahan before-after wajah atau bentuk tubuh yang terlihat dalam foto-foto tersebut sangat jauh sekali dari aslinya.

Foto-foto yang ada di halaman ini adalah contoh dari hasil “rekayasa” yang telah dilakukan @Kanahoooo dengan keahliannya.