Bukan Hanya Enak, ‘Ngulet’ Setelah Bangun Tidur ternyata juga Bermanfaat

Share:

Saat bangun dari tidur di pagi hari, kita biasanya melakukan peregangan badan, atau yang biasa disebut ngulet. Padahal, kalau diingat-ingat, tidak ada yang mengajari kita untuk ngulet setelah bangun tidur. 

Tetapi, secara otomatis, kita melakukannya setiap hari saat bangun tidur. Kenyataannya, ngulet memang sesuatu yang baik untuk tubuh, sehingga tubuh mendorong kita untuk melakukannya.

Selain membuat kita merasa lebih baik setelah bangun tidur, ngulet atau peregangan saat bangun tidur juga menjadikan tubuh kita benar-benar “bangun”. Kemudian, ngulet juga memberikan beberapa manfaat berikut ini. 

Otot lebih fleksibel

Setelah tidur sepanjang malam, kita sering terbangun dalam keadaan kaku dan otot tegang. Hal itu biasanya disebabkan karena kita berbaring dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama.

Saat bangun tidur, secara tidak sadar kita pun meregangkan tubuh untuk mengembalikan fleksibilitas di tangan, belakang leher, dan kaki. Otot-otot yang lebih fleksibel akan membuat tubuh kita terbangun lebih mudah, dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Fleksibilitas sendi

Penelitian yang dilakukan tim dari Healthy Back Institute menyatakan bahwa penyebab kekakuan tubuh adalah kurangnya aktivitas fisik sehari-hari, kelebihan berat badan, pola makan yang buruk, pola tidur yang tidak baik, dan lingkungan yang dingin atau lembap.

Melakukan peregangan pada pagi hari saat bangun tidur membantu meningkatkan jangkauan gerak sendi serta kekakuan yang sering menyertai orang yang tidak aktif dan kegemukan. Penurunan fleksibilitas pada sendi dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami arthritis atau memiliki keseimbangan yang rendah, yang dapat mengakibatkan cedera.

Meningkatkan sirkulasi darah

Pada waktu melakukan peregangan saat bangun tidur di pagi hari, darah di tubuh kita akan bergerak lebih cepat dan beredar ke otot-otot. Karenanya, ngulet atau peregangan juga diketahui meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik akan membantu tubuh untuk bergerak dan melakukan aktivitas sepanjang hari.

Menghilangkan stres

Kadang-kadang, karena kondisi tertentu, kira merasa sulit sekali beranjak dari tempat tidur—inginnya terus malas-malasan dan berbaring-baring. Biasanya, kondisi itu terjadi saat kita merasa stres. Melakukan peregangan saat bangun tidur dapat membantu menghilangkan stres yang kita rasakan.

Karena itu, jika kita sedang stres dan ingin terus bermalas-malasan di tempat tidur, sebaiknya bangun saja, lalu lakukan peregangan. Itu jauh lebih baik, karena dapat mengusir stres, daripada tetap berbaring-baring sambil merasakan stres yang membuat kita malas bergerak. 

Setelah bangun tidur dan melakukan peregangan, kita pun akan merasakan pikiran yang lebih segar, sehingga lebih siap untuk menghadapi dan menjalani hari dengan pikiran yang lebih positif.