Buat Orang Tua, Ini 15 Makanan Sehat dan Bergizi yang Dibutuhkan Anak

Share:

Masa balita dan anak-anak adalah masa penting pertumbuhan, sehingga para orang tua perlu memperhatikan asupan nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka. Bagaimana pun, anak-anak belum bisa memilih makanan sehat untuk dirinya sendiri. Karenanya, menjadi tugas orang tua yang memilihkan untuk mereka. 

Berikut ini adalah makanan-makanan bergizi yang bisa dipilih untuk diberikan untuk anak-anak Anda.

Telur

Telur bisa dijadikan sebagai sarapan yang baik untuk anak-anak. Selain mengandung protein, telur juga sumber vitamin D alami yang membantu tubuh menyerap kalsium.

Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Hasil studi menunjukkan, balita dan anak-anak yang mengonsumsi oatmeal lebih mampu berkonsentrasi dan penuh perhatian ketika di sekolah.

Buah-buahan

Buah-buahan sangat baik untuk orang dewasa, maupun anak-anak. Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya. 

Susu

Sebagaimana pada orang dewasa, susu juga baik untuk anak-anak. Susu mengandung kalsium yang menjadi sumber energi bagi otak dan tubuh, serta menjaga kekuatan tulang dan gigi. Sementara protein dalam susu membantu tubuh membentuk jaringan otak.

Kacang

Kandungan lemak baik dalam kacang bermanfaat bagi kesehatan. Daripada anak-anak Anda mengonsumsi makanan ringan yang tidak bergizi, Anda bisa menggantinya dengan kacang.

Blueberi

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam bluberi menjadikan buah ini sangat bagus dikonsumsi balita dan anak-anak.

Tahu

Tahu yang merupakan produk dari kedelai merupakan sumber lain protein yang tak kalah bergizi dari telur. Tahu juga baik dikonsumsi anak perempuan, untuk perkembangan jaringan payudara.

Tomat

Tomat mengandung senyawa bernama likopen, yaitu antioksidan pelawan kanker. Memasak tomat sebelum dikonsumsi lebih disarankan, karena kandungan likopen di dalamnya semakin meningkat.

Kubis

Anda bisa memasak kubis menjadi sajian yang disukai anak-anak. Kubis adalah sayuran bergizi yang dibutuhkan oleh mereka. Selain kubis, brokoli dan kale juga bisa diberikan pada anak-anak untuk mencegah kanker, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Yoghurt

Yoghurt mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan, karena mengandung bakteri baik. Anda bisa mulai mengenalkan yoghurt pada anak-anak sejak dini.

Salmon

Anak-anak kemungkinan besar akan menyukai masakan ikan salmon, karena rasanya enak. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang membantu perkembangan otak, mencegah depresi, dan menurunkan risiko inflamasi.

Cokelat

Anak-anak Anda juga pasti akan menyukai makanan satu ini, karena rasanya yang manis dan enak. Anda bisa memberikannya cokelat hitam yang mengandung senyawa flavonoid. Kandungan dalam cokelat mampu meningkatkan kesehatan jantung, mulut, juga kulit.

Kedelai hitam

Kedelai adalah sumber protein, serat, dan kalsium yang baik. Sebaiknya pilih kedelai hitam, karena memiliki manfaat mencegah penyakit jantung dan kolesterol.

Kemangi

Kemangi adalah tanaman herba dengan aroma wangi yang kaya antioksidan, vitamin A, C, K, zat besi, kalium, dan kalsium, yang meningkatkan kesehatan pencernaan. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan daun kemangi ampuh untuk mengatasi sakit kepala.

Kayu manis

Kayu manis adalah rempah bergizi yang dibutuhkan balita dan anak-anak untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Kayu manis juga merupakan makanan yang bisa memberikan energi pada anak yang suka bermalas-malasan.