Asal Usul Marvel Comics, Pencipta Tokoh-tokoh Superhero Paling populer di Dunia


Tanpa Marvel Comics, kita tidak akan mengenal Spider-Man dan musuh-musuhnya, sebagaimana kita tidak akan mengenal orang-orang hebat dalam serial X-Men dan lawan-lawan mereka. Karena tokoh-tokoh itu diciptakan oleh Marvel Comics, yang memang terkenal sebagai penghasil tokoh-tokoh superhero paling populer di dunia.

Marvel Comics atau Marvel Worldwide Inc. (sebelumnya Marvel Publishing Inc.) dan Marvel Comics Group adalah perusahaan dari Amerika Serikat yang memproduksi buku komik dan media lain yang berkaitan. 

Marvel pertama kali didirikan dengan nama "Timely Publications" pada 1939, dan sempat berganti nama menjadi "Atlas Comics" sebelum akhirnya menjadi Marvel Comics pada 1961. Sekarang, Marvel telah menjadi salah satu penerbit buku komik terbesar, bersama perusahaan saingan lamanya, DC Comics.

Marvel terkenal karena telah mengorbitkan karakter-karakter komik populer seperti Captain America, Spider-Man, Iron Man, Hulk, Thor, Black Widow, Doctor Strange, Daredevil, Wolverine, Ant-Man, dan tim seperti Avengers, Guardians of the Galaxy, Fantastic Four, X-Men, dan antagonis seperti Doctor Doom, Red Skull, Green Goblin, Ultron, Doctor Octopus, Magneto, Venom, dan Loki. 

Sebagian besar karakter ciptaan Marvel beroperasi di dunia yang dikenal sebagai Marvel Universe. Belakangan, banyak dari karakter Marvel tersebut yang muncul dalam media hiburan lain, seperti serial kartun, film, dan permainan video.

Marvel juga memiliki situs wikinya sendiri. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006, dan memuat berbagai informasi dalam jagad Marvel.

Pada tahun 2009, The Walt Disney Company menyatakan sepakat untuk membeli Marvel Entertainment sebesar USD 4 miliar, dalam transaksi saham dan uang tunai. Dengan demikian, perusahaan pencipta Mickey Mouse dan Snow White itu berhak atas karakter komik termasuk Spider-Man, Iron Man, dan X-Men.

Kesepakatan tersebut akan memberi Disney kepemilikan lebih dari 5.000 karakter tokoh Marvel Entertainment. Para Superhero tersebut akan tersedia dalam segala bentuk barang dagangan dan pernak-pernik keren, sebagai usaha dari Disney untuk menarik minat anak laki-laki untuk membelinya.