Asal Usul Martabak Manis atau Terang Bulan

Share:

Martabak adalah makanan yang sangat populer dan digemari banyak orang di Indonesia. Setidaknya, ada dua jenis martabak, yaitu martabak telur dan martabak manis. Semua orang tentu tahu perbedaannya. Terkait martabak manis, sering pula disebut martabak terang bulan. 

Dari masa asal usul martabak manis atau terang bulan?

Nama asli martabak manis adalah Hok Lo Pan, dan makanan enak ini berasal dari Bangka. Karenanya, martabak manis juga terkenal dengan sebutan martabak bangka. Di masa lalu, kue ini dibikin oleh orang-orang Cina Hokkian. Orang-orang Hokkian juga dipanggil Hok Lo. Jadi 'Hok Lo Pan' berarti kuenya orang-orang Hokkian. 

Hok Lo Pan, yang kemudian dikenal sebagai Martabak Manis atau Terang Bulan, mulai ditemui juga di daerah-daerah lain. Dulu juga ada yang menyebut kue ini sebagai Kue Pangkalpinang. Walaupun sekarang banyak variannya, sebenarnya versi otentik Martabak Manis Bangka cuma berisi wijen dan gula pasir. 

Seiring perkembangan, martabak manis mulai dikenal di daerah-daerah lain di luar Bangka, bahkan terjadi penambahan bahan yang menjadikannya makin lezat dan nikmat.