Asal Usul Bendera Amerika, Ternyata Didesain oleh Anak Sekolah

Share:

Setiap negara memiliki bendera yang menjadi salah satu lambang negara. Begitu pula negara Amerika Serikat. Berbeda dengan bendera Indonesia yang sederhana (hanya berupa dua lapis warna merah dan putih), desain bendera Amerika Serikat tampak lebih rumit. Selain menampilkan kombinasi warna biru dan merah, bendera AS juga dihiasi bintang-bintang.

Wujud bendera Amerika pasti sudah familier bagi banyak orang. Yang mungkin masih jarang diketahui, bendera Amerika Serikat awalnya berasal dari tugas anak sekolah. Bendera ini didesain oleh Bob Heft di tahun 1958, yang mendapatkan nilai B untuk desainnya. 

Heft menggambar 50 bintang pada bendera AS, meskipun saat itu negara bagian AS hanya 48, tanpa Alaska dan Hawaii. Heft tidak puas dengan nilai yang diberikan oleh gurunya. 

Gurunya mengatakan, jika Heft tidak puas, ia bisa pergi ke Washington dan menunjukkan desainnya. Jika para petinggi negara suka dengan desainnya, maka gurunya akan mempertimbangkan kembali nilai yang diberikan. 

Heft pun menerima tantangan tersebut, dan pergi ke Washington untuk menunjukkan desain benderanya. Ternyata, Presiden ke 34 AS, Dwight D. Eisenhower, suka dan menyetujui desain bendera AS yang dibuat Heft. Heft pun kembali ke gurunya, dan gurunya mengubah nilai Heft menjadi A.