Aneka Manfaat Lengkeng, dari Menguatkan Tulang sampai Menyehatkan Otak (Bagian 3)

Share:

Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Lengkeng, dari Menguatkan Tulang sampai Menyehatkan Otak - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menjaga kesehatan kulit

Lengkeng juga baik dalam mendukung kesehatan kulit, karena memiliki sifat anti-penuaan, dan terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit. Lengkeng juga sangat bermanfaat bagi kulit yang berada di sekitar mata, meminimalkan retak kulit, dan meningkatkan warna kulit. Di samping urusan kulit, lengkeng juga membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Menghindari flu

Lengkeng adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk manusia, di antaranya untuk meningkatkan ketahanan tubuh, serta membuat perlindungan dari serangan flu.

Membantu kerja jantung serta limpa

Mengonsumsi lengkeng dapat membantu meringankan kerja jantung dan limpa dalam tubuh. Kandungan nutrisi dalam lengkeng juga membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler serta stroke.

Menjadi sumber energi

Meski memiliki kandungan lemak dan kalori dalam jumlah rendah, namun lengkeng memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bisa memasok energi serta meningkatkan stamina.

Mengatasi kekhawatiran

Perasaan khawatir yang tak beralasan (anxiety), penurunan mental, hingga amnesia, dapat diatasi dengan lengkeng. Caranya, siapkan 500 gram buah lengkeng segar, dan 500 gram gula pasir. Campurkan kedua bahan, dan didihkan dalam air hingga mengental. Minum ramuan itu setiap hari, dengan dosis satu sendok setiap kali minum.

Aneka manfaat lain

Lengkeng memiliki kandungan beragam nutrisi utama seperti protein, vitamin, dan lain-lain. Selain mendukung dalam menjaga kesehatan, lengkeng juga baik untuk menjaga kecantikan. Berikut ini uraiannya:

Kandungan senyawa dalam buah lengkeng memiliki kemampuan efisien dalam menyingkirkan bekas luka di kulit.

Lengkeng mengandung anti-aging yang efisien dalam menangani masalah penuaan dini, seperti garis-garis halus atau flek hitam pada kulit.

Zat saponin yang terkandung dalam lengkeng bisa dimanfaatkan sebagai shampo untuk melindungi kesehatan dan kecantikan rambut.

Lemak dan kalori yang terkandung dalam lengkeng sangat rendah, sehingga baik untuk menunjang diet atau menurunkan berat badan.

Mengonsumsi satu genggam buah lengkeng (tanpa biji dan tanpa kulit) dapat memulihkan tenaga orang yang baru selesai menjalani perawatan akibat sakit.

Mengonsumsi 250 gram buah lengkeng segar (tanpa biji dan tanpa kulit) dapat membantu mengatasi pusing kepala, penglihatan kabur, atau badan yang lemah karena sakit.

Untuk meningkatkan nafsu makan, serta mengatasi diare, Anda bisa mengambil 60 gram daging buah lengkeng, buang kulit dan bijinya. Makanlah di pagi hari, dan sekali lagi di malam hari. Lakukan hingga ada perubahan.

Catatan:

Ada keyakinan pada sebagian orang, bahwa lengkeng memiliki kandungan alkohol yang tinggi, sehingga dapat membuat mabuk jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Benarkah hal itu?

Sebenarnya, setiap buah memiliki indikasi kandungan alkohol. Misalnya nangka dan durian. Kadar alkohol kedua buah itu di bawah lima persen, tapi bisa memabukkan jika dikonsumsi berlebihan. Kenyataannya, setiap buah dan sayuran mengandung ethanol (salah satu unsur alkohol). Unsur itu akan semakin dominan, bila buah dan sayur mengalami pembusukan (fermentasi).

Karena itu, yang perlu diperhatikan di sini adalah jumlah yang kita konsumsi. Selama dikonsumsi dalam batas wajar, tidak berlebihan, tentu tidak menimbulkan masalah yang tak diinginkan.