Aneka Manfaat Lengkeng, dari Menguatkan Tulang sampai Menyehatkan Otak (Bagian 1)

Share:

Lengkeng (Euphoria longana) adalah buah berbentuk bulat dengan ukuran sekitar sebesar kelereng. Di Indonesia, buah ini juga kerap disebut kelengkeng. Kulit buah lengkeng berwarna cokelat muda sampai kehitaman, permukaannya agak berbintil-bintil, dengan daging buah berwarna putih bening dan berair. 

Rasanya sangat manis, dan memiliki aroma harum yang khas. Bijinya berbentuk bulat, terdiri dari dua keping, dan dilapisi kulit biji berwarna hitam. Sedangkan bijinya berwarna putih, mengandung karbohidrat, sedikit minyak, dan saponin.

Daging buah lengkeng mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lain yang berguna bagi kesehatan. 

Kombinasi senyawa-senyawa fitokimia tersebut memiliki berbagai manfaat, di antaranya membantu mengendurkan saraf. Karenanya, buah lengkeng memberi efek menenangkan, dan berkhasiat mengatasi gelisah atau susah tidur. 

Buah lengkeng juga diketahui membantu menjaga kesehatan jantung, dan mengatasi jantung yang berdebar keras. Lengkeng sangat baik dikomsumsi oleh orang yang dalam pemilihan stamina sehabis sakit, karena dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan, dan menambah tenaga. 

Lengkeng juga berguna untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, mengobati sakit kepala, keputihan, dan hernia.

Bukan hanya bagian buah yang mengandung manfaat, bagian akar, biji, dan daun lengkeng juga memiliki khasiat. Akar pohon lengkeng bermanfaat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. 

Daunnya berkhasiat sebagai antiradang dan pereda demam. Sedangkan biji lengkeng berkhasiat membantu menghentikan pendarahan, mengatur energi yang keluar dan masuk pada organ vital manusia, serta menghilangkan rasa nyeri. 

Buah lengkeng juga menjadi tonik atau minuman yang menguatkan. Karenanya, orang yang baru sembuh dari sakit dianjurkan mengonsumsi buah ini. Sementara untuk kecantikan, buah lengkeng mengandung vitamin C (antioksidan) yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. 

Radikal bebas mampu merusak kecantikan kulit, sementara kandungan air dalam buah lengkeng mampu menjaga kesegaran kulit. 

Mengenai nutrisi, dalam 100 gram buah lengkeng terdapat kandungan berikut ini:
  • Air: 83 gram
  • Protein: 1,3 gram
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat: 1,3 gram
  • Vitamin B1 (Tiamin): 0,031 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin): 0,014 gram
  • Vitamin B3 (Niacin): 0,3 mg
  • Vitamin C: 84 gram
  • Kalsium: 1 gram
  • Zat besi: 0,13 gram
  • Kalium: 266 mg
  • Magnesium: 10 gram
  • Zinc: 0,05 mg

Berikut ini uraian lebih lengkap mengenai manfaat buah lengkeng dalam menunjang kesehatan.

Meningkatkan asupan vitamin C

Kekurangan asupan vitamin C diketahui dapat mengembangkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, degenerasi makula yang terkait usia, dan beberapa jenis kanker. Lengkeng (yang belum terlalu masak) merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, sekitar 84 miligram per 3,5 ons. 

Jumlah itu memasok 93% dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan pada pria, yaitu 90 miligram, dan lebih dari 100 persen dari kebutuhan 75 miligram untuk wanita.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Lengkeng, dari Menguatkan Tulang sampai Menyehatkan Otak (Bagian 2)