Aneka Manfaat Lemon, Melancarkan Pencernaan sampai Memutihkan Gigi (Bagian 3)

Share:

Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Lemon, Melancarkan Pencernaan sampai Memutihkan Gigi - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Memperkecil pori-pori kulit

Salah satu masalah kulit wajah adalah pori-pori yang besar atau lebar. Jika Anda menganggap itu mengganggu penampilan, Anda bisa mengatasinya dengan lemon. Caranya, simpan sari jeruk lemon dalam lemari es, lalu gunakan secara rutin untuk mengoles wajah. Tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. 

Catatan: Anda bisa menyimpan sari jeruk lemon untuk kebutuhan beberapa hari, namun usahakan jangan sampai menyimpannya lebih dari seminggu.

Mengatasi ketombe

Masalah ketombe juga dapat diatasi dengan lemon. Caranya, campurkan sari jeruk lemon dengan minyak zaitun hangat. Gunakan campuran itu untuk memijat-mijat kepala perlahan, selama 15 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih, dan gunakan kondisioner rambut. Jika dilakukan secara rutin, masalah ketombe akan berkurang, selain rambut akan lebih lebat secara alami.

Memutihkan gigi

Gigi yang putih bisa menghitam karena pengaruh rokok, atau menguning karena pengaruh makanan, obat-obatan, atau hal lain. Anda bisa kembali memutihkan gigi dengan lemon, karena kandungan kalsium dalam lemon dapat berfungsi sebagai pemutih gigi.

Caranya, campurkan sari atau perasan jeruk lemon dengan sedikit baking soda. Oleskan pada gigi yang menguning, biarkan sekitar satu menit. Setelah itu, sikat dengan sikat gigi, dan basuh menggunakan air bersih. Yang perlu diperhatikan, jangan lakukan hal ini terlalu sering, karena asam dalam sari atau perasan lemon bisa merusak email gigi.

Mengangkat kotoran wajah

Banyak orang menggunakan facial foam atau sabun pencuci muka dengan tujuan mengangkat kotoran yang terdapat pada wajah. Jika Anda menginginkan facial foam yang lebih alami, Anda bisa menggunakan lemon. 

Cukup gosokkan sari atau perasan air lemon pada wajah. Sari lemon terbukti efektif mengangkat kotoran serta bakteri yang memenuhi wajah kita setelah seharian beraktivitas.

Menyeimbangkan pH dalam tubuh

Lemon memiliki sifat basa, sementara tubuh kita memiliki sifat asam. Karenanya, mengonsumsi lemon hangat dapat membuat kadar pH asam dalam tubuh kita berkurang. Ketika kadar pH dalam tubuh dalam keadaan seimbang, stamina kita pun bertambah.

Menyegarkan napas

Lemon adalah solusi yang baik bagi Anda yang kebetulan memiliki masalah dengan bau mulut. Lemon menjadikan napas terasa segar, dan aroma lemon terbukti menghilangkan aroma tak sedap dalam mulut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah berkumur air lemon. 

Namun, yang perlu diperhatikan, air lemon dapat merusak email gigi. Karenanya, gunakan resep ini hanya sesekali, bukan secara rutin. 

Menguatkan akar rambut

Di antara masalah rambut adalah kerontokan. Kerontokan rambut terjadi karena akar rambut yang rapuh. Lemon bisa membantu mengatasi masalah semacam itu. Caranya, gunakan air lemon untuk masker sebelum keramas. Usapkan air lemon secara merata pada rambut sambil dipijat, diamkan 5 sampai 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan resep ini sebelum keramas.

Mengatasi mual pada ibu hamil

Ibu hamil biasanya mengalami mual pada pagi hari, atau yang biasa disebut morning sickness. Masalah itu bisa diatasi dengan lemon. Caranya, buatlah ramuan perasan air jeruk lemon dengan air hangat dan madu, kemudian diminum. Dengan cara itu, mual-mual akan berkurang.

Menjaga kesehatan hati

Hati atau liver adalah organ dalam tubuh yang sangat penting. Mengonsumsi air lemon dapat membantu kesehatan hati, karena air lemon mengandung kalium yang tinggi, yang dapat menyembuhkan biliousness atau gejala gangguan hati yang bisa menyebabkan sembelit, pusing, muntah, dan kehilangan nafsu makan. 

Selain itu, air lemon juga dapat meluruhkan batu empedu, dan meringankan demam yang disebabkan penyakit malaria.