Aneka Manfaat Lemon, Melancarkan Pencernaan sampai Memutihkan Gigi (Bagian 2)

Share:

Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Lemon, Melancarkan Pencernaan sampai Memutihkan Gigi - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menstabilkan tekanan darah

Buah lemon juga memiliki kemampuan dalam menstabilkan tekanan darah, karena kandungan kalium di dalamnya. Hal itu menjadikan lemon baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Kalium mengontrol tekanan darah yang tinggi, pusing, dan mual, sekaligus memberi sensasi menenangkan untuk pikiran dan tubuh. Karena kenyataan itu, buah lemon banyak digunakan untuk mengurangi stres dan masalah depresi.

Mengatasi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat diatasi dengan lemon. Caranya, Anda cukup berkumur dengan air hangat yang telah ditambah satu sendok teh jus lemon. Selain itu, lemon juga bermanfaat dalam mengatasi batuk dan pilek. 

Caranya, campurkan lemon dengan air hangat dan madu secukupnya. Sedangkan untuk mengatasi asma, Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh jus lemon dengan secangkir air hangat, dan diminum sebelum makan.

Merawat kesehatan mulut

Lemon dapat membantu menjaga kesehatan mulut, dan menghilangkan bau mulut yang berasal dari berbagai penyakit mulut atau kondisi gigi/gusi. 

Membuang racun dalam tubuh

Jus lemon adalah sarana detoksifikasi yang sangat bagus. Mengonsumsi jus lemon dapat membantu membuang racun-racun dalam tubuh, dan mengeluarkannya bersama sisa metabolisme yang lain. Jus lemon juga merupakan pembersih darah, dan memiliki zat serta senyawa antikanker, dan memperlambat pertumbuhan tumor kanker.

Untuk orang yang mendapat radiasi dan kemoterapi karena penyakit kanker, jus lemon dapat menghilangkan sisa-sisa radiasi dalam tubuh dan memurnikan darah. Lemon juga menunjang sistem kekebalan tubuh, dan baik sebagai antidepresan.

Sumber vitamin C yang baik

Dalam studi yang diterbitkan di Journal of the American College of Nutrition, disebutkan bahwa vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. Para peneliti menemukan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat membantu tubuh memicu serangkaian reaksi kimia yang memecah lemak tubuh, dan berguna sebagai energi. 

Dengan kata lain, asupan vitamin C yang baik, seperti yang terdapat dalam lemon, dapat membantu berat badan yang ideal.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi lemon yang dicampur dengan madu dan air hangat dapat membantu mengasup zat besi ke tubuh kita. Zat besi memiliki peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. 

Di dalam minuman lemon hangat juga terkandung zat saponin yang memiliki fungsi antimikroba. Rutin mengonsumsi campuran lemon dan madu serta air hangat setiap pagi dapat membantu kesehatan, kebugaran, dan vitalitas Anda.

Mengatasi maag

Lemon bisa mengatasi penyakit maag. Hal itu karena buah lemon bersifat basa, sedangkan lambung yang mengalami maag bersifat asam. Ketika basa bertemu asam, hasilnya menjadi normal.

Mengatasi kulit kering

Kulit pada tumit dan lutut rentan mengalami pecah-pecah akibat kering. Masalah seamcam itu bisa diatasi dengan lemon. Caranya, potong buah lemon, kemudian gosokkan potongan lemon pada bagian kulit yang kering, misal pada lutut dan tumit. Lalu biarkan sampai meresap ke kulit. 

Anda bisa melakukan hal ini pada siang hari, kemudian dilanjutkan dengan mandi sore seperti biasa.

Mencerahkan kulit wajah

Kulit wajah yang berminyak biasanya lebih rentan kusam dan kotor, atau tampak mengilap. Anda bisa mengatasinya dengan lemon. Caranya, campurkan sari jeruk lemon dengan madu, lalu gunakan sebagai masker. Lakukan hal tersebut secara rutin, dan perlahan-lahan kulit wajah akan tampak lebih segar dan cerah.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Lemon, Melancarkan Pencernaan sampai Memutihkan Gigi (Bagian 3)