Aneka Manfaat Lemon, Melancarkan Pencernaan sampai Memutihkan Gigi (Bagian 1)

Share:

Sitrun, atau yang lebih populer dengan nama lemon, adalah sejenis jeruk yang buahnya dapat dimanfaatkan sebagai penyedap atau penyegar dalam banyak makanan atau masakan. Pohon lemon menyerupai pohon jeruk, dan umumnya berukuran sedang, dapat mencapai 6 meter, dan tumbuh di daerah beriklim tropis serta subtropis, dan tidak tahan dengan cuaca dingin.

Tumbuhan lemon banyak dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat, dan negara-negara lain di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. 

Lemon banyak dibudidayakan karena memiliki kandungan manfaat, khususnya pada buahnya. Tidak jauh beda dengan jeruk, lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Lemon juga memiliki kandungan vitamin B5, vitamin B3, vitamin B1 dan B2, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, gula, karbohidrat, serat, lemak, dan protein.

Dengan banyaknya nutrisi yang dikandung, lemon pun memiliki aneka manfaat dalam menunjang kesehatan, di antaranya berikut ini.

Sebagai antijamur dan antibakteri

Kandungan nutrisi dalam buah lemon dapat berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri, yang menjadikannya efektif dalam mengatasi masalah kulit semisal jerawat. 

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menggosokkan irisan lemon ke wajah. Sedangkan untuk menghilangkan noda hitam, Anda bisa mencampurkan lemon dengan madu, sebelum mengaplikasikannya. Tunggu selama 5-10 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini adalah memastikan kulit wajah Anda dalam keadaan bebas luka. Artinya, jangan menggunakan lemon untuk wajah jika terdapat luka atau bekas luka pada kulit.

Memperkuat kuku

Kuku yang rapuh bisa mudah patah, dan itu tentu akan berpengaruh pada penampilan Anda. Untuk menguatkan kuku, Anda bisa memanfaatkan lemon. Caranya, campurkan perasan jeruk lemon dengan minyak zaitun, lalu rendam kuku Anda ke dalamnya. 

Tunggu beberapa menit, lalu bersihkan dengan air. Selain membuat kuku lebih kuat, resep ini juga dapat membantu kuku lebih putih.

Melembapkan bibir

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Sel-sel kulit mati itulah yang sebenarnya membuat bibir terlihat kering. 

Untuk mengatasinya, Anda tinggal mengiris lemon, mengoleskannya ke bibir secara perlahan. Diamkan beberapa detik, lalu basuh dengan air bersih. Lakukan hal itu secara teratur. Kandungan dalam lemon akan mengangkat sel kulit mati pada bibir, sehingga bibir akan lebih sehat.

Membersihkan sistem tubuh

Meminum air lemon dipercaya dapat membersihkan sistem yang ada dalam tubuh kita. Selain itu, air lemon juga mampu menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh. 

Melancarkan pencernaan

Rutin meminum air lemon akan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, konsumsi air lemon secara teratur juga dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Buah lemon berfungsi meningkatkan gerakan peristaltik di perut, membantu buang air besar secara teratur, sehingga menghilangkan limbah tubuh dengan baik. Lemon seperti pemurni darah dan agen pembersih, sehingga bisa dijadikan sebagai minuman setelah makan siang atau makan malam. Lemon juga membantu mengatasi masalah pencernaan seperti mual ketika naiknya asam lambung. 

Yang perlu diperhatikan, lemon tidak cocok dengan susu. Karenanya, kalau Anda mengonsumsi susu, sebaiknya jangan minum air lemon, atau sebaliknya.

Menyehatkan liver

Air lemon bisa membantu melarutkan asam urat dan zat racun yang ada dalam tubuh, tepatnya pada bagian liver. Air lemon juga membantu mencairkan batu empedu, dan mengatasi gejala demam malaria. 

Lemon kaya potasium, sehingga efektif dalam mengatasi gangguan empedu. Orang yang mengalami gangguan pada liver dianjurkan untuk meminum air lemon hangat, kurang lebih satu jam sebelum makan.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Lemon, Melancarkan Pencernaan sampai Memutihkan Gigi (Bagian 2)