Aneka Manfaat Kurma, Meningkatkan Energi sampai Menjaga Kesehatan Jantung (Bagian 3)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Kurma, Meningkatkan Energi sampai Menjaga Kesehatan Jantung - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengatasi anemia

Kurma mengandung zat besi yang tinggi, yang dapat membantu menyeimbangkan kekurangan zat besi pada orang yang menderita anemia. Selain menambah asupan zat besi, kurma juga membantu meningkatkan energi, dan mengurangi rasa lelah serta lesu.

Mengatasi alergi

Salah satu hal yang menarik dari kurma adalah kandungan sulfur organik yang dimilikinya. Elemen itu bukanlah elemen umum yang bisa ditemukan pada makanan, namun memiliki manfaat dalam kesehatan, termasuk mengurangi reaksi alergi, dan alergi musiman. 

Karenanya, kurma memiliki manfaat dalam mengurangi efek yang muncul akibat alergi musiman, karena sulfur organik yang dimilikinya. 

Membantu menambah berat badan

Kurma mengandung gula, protein, dan vitamin penting lain, yang menjadikannya layak dijadikan bagian dari konsumsi harian. Jika Anda mengonsumsi kurma bersama adonan mentimun, Anda bisa menjaga berat badan tetap normal, dan seimbang.

Jika Anda kebetulan bertubuh kurus, dan ingin menambah berat badan, kurma juga bisa dijadikan pilihan yang tepat. Satu kilogram kurma mengandung sekitar 3.000 kalori, dan kalori pada kurma cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia. 

Tentu saja Anda perlu mengonsumsi makanan lain selain kurma. Namun, jika Anda memang ingin menambah berat badan, atau tubuh Anda kebetulan lemah karena masalah medis tertentu, Anda bisa mulai rutin mengonsumsi kurma.

Meningkatkan energi

Jika Anda memerlukan makanan yang dapat membantu menambah energi dengan cepat, kurma adalah pilihan terbaik. Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang dapat memasok energi secara cepat. 

Saat merasa lelah bekerja, atau mengantuk saat sedang mengerjakan tugas, Anda bisa mengambil kurma sebagai camilan sehat.

Menjaga kesehatan saraf

Kandungan vitamin pada kurma membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem saraf. Potassium, salah satu nutrisi dalam kurma, adalah bahan utama dalam menjaga sistem saraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak. 

Karenanya, kurma bisa menjadi pilihan yang tepat untuk orang-orang yang usianya makin tua, yang kemampuan sarafnya makin menurun, atau bisa pula dikonsumsi orang-orang yang ingin menjaga kemampuan otak mereka selalu optimal.

Menjaga kesehatan jantung

Jika Anda kebetulan menderita jantung lemah, Anda bisa memanfaatkan kurma untuk membantu mengatasinya. Caranya, kurma direndam dalam air selama satu malam, lalu ditumbuk pada keesokan harinya, kemudian dimakan. 

Kurma merupakan sumber potassium yang kaya, dan potassium terbukti membantu mengurangi risiko terkena stroke serta penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. 

Mengonsumsi kurma juga disarankan sebagai cara yang menyehatkan untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Cukup mengonsumsi kurma dua kali seminggu sudah membantu menjaga jantung senantiasa sehat.

Mengatasi masalah seksual

Selain bermanfaat dalam menunjang kesehatan tubuh, kurma juga memiliki khasiat dalam hal seksualitas. Jika Anda kebetulan mengalami masalah seperti lemah syahwat dan semacamnya, Anda bisa merendam kurma dalam susu kambing murni semalam, lalu giling keesokan harinya, dengan dicampur serbuk kapulaga dan madu. 

Campuran itu menjadi tonik yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan seksual, dan mengatasi masalah atau gangguan seksual.

Kandungan estradiol dan flavonoid yang tinggi dalam kurma juga diketahui mampu meningkatkan jumlah sperma dan kesuburan, juga membantu meningkatkan ukuran dan berat testis. Berdasarkan kenyataan ini, kurma bisa menjadi santapan sehari-hari kaum pria.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Kurma, Meningkatkan Energi sampai Menjaga Kesehatan Jantung (Bagian 4)