Aneka Manfaat Kurma, Meningkatkan Energi sampai Menjaga Kesehatan Jantung (Bagian 1)


Kurma (Phoenix dactylifera) adalah sejenis tanaman palma yang banyak ditanam di Timur Tengah dan Afrika Utara, karena buahnya dapat dimakan. Pohon ini umumnya tumbuh di dataran Timur Tengah, antara lain Madinah, Mesir, dan Tunisia. 

Sejarah pembudidayaan kurma sudah berlangsung sejak lama sekali, sehingga asal usulnya juga sulit untuk diketahui secara pasti. Namun, diperkirakan pohon kurma berasal dari oasis di padang pasir Afrika Utara atau di Asia barat daya.

Pohon kurma berukuran sedang, tingginya sekitar 15-25 meter, sering kali tumbuh bergerombol dengan beberapa batang pohon yang muncul dari satu akar yang sama, namun bisa pula tumbuh sendiri-sendiri. Warna kurma beragam, dari cokelat terang hingga mendekati hitam. Bentuknya pun berbeda-beda, dari persegi panjang, bulat kecil, hingga berukuran besar dan panjang. 

Di Indonesia, kurma menjadi makanan populer saat bulan Ramadan tiba, dan biasanya dijadikan sebagai menu buka puasa. Kurma yang biasa ada di Indonesia umumnya adalah kurma kering, yang telah diolah, sehingga tidak terlalu tampak seperti buah.

Kurma telah lama dikenal memiliki banyak manfaat. Kandungan protein dan gula alaminya sangat mudah dicerna, sehingga baik dikonsumsi orang yang seharian berpuasa. 

Kandungan potasium dalam kurma dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dan dapat mengurangi risiko serangan stroke. Kandungan potasium dalam kurma juga bermanfaat mengatasi dan mengurangi keletihan.

Kurma juga diketahui mampu meningkatkan energi, serta dapat menyuplai kalori dalam jumlah besar. Kemudian, kurma mengandung kalium, zat yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Fungsi mineralnya membantu denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot, dan menstabilkan tekanan darah.

Kurma juga kaya serat dan prebiotik serta pitosterol, yang membantu mengendalikan kadar kolesterol. Kurma kaya selenium, kalium, kalsium, magnesium, mangan, dan besi, yang meningkatkan kekebalan serta melindungi jantung, membangun massa tulang, dan meningkatkan sel darah merah. 

Vitamin B dan C di dalam kurma juga penting bagi kesehatan dan kekebalan tubuh. Asam lemak omega dalam kurma terbukti menyehatkan jantung, kulit, dan otak. 

Kurma juga berfungsi sebagai buah detoksifikasi yang membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh, karena memiliki kandungan karotenoid, polifenol, anthocyanin, proanthocyanidins oligomer, tanin, quercetin, dan apigenin. 

Di Arab, sejak zaman dulu, kurma telah dikenal sebagai pengobatan tradisional untuk banyak kondisi, mulai dari mengatasi gangguan pencernaan dan pernapasan, untuk membantu kehamilan, kelahiran, membantu ibu menyusui, meningkatkan sperma, meningkatkan dorongan seksual, kesuburan, hingga memberi energi selama melahirkan, dan mencegah pendarahan.

Di antara manfaat kurma yang lain adalah mengatasi konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain. Kurma juga sangat baik untuk menaikkan berat badan. Kurma kaya vitamin, mineral, dan serat. 

Buah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium, yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebagian ahli kesehatan menyatakan bahwa mengonsumsi satu buah kurma per hari diperlukan untuk pola makan yang seimbang dan sehat.

Kurma adalah salah satu makanan manis dan multiguna, yang dapat meregulasi proses pencernaan. Kurma dapat meningkatkan energi dalam waktu 30 menit bagi yang mengonsumsinya. 

American Cancer Society merekomendasikan asupan serat 20 hingga 35 gram per hari, yang dapat terpenuhi dengan mengonsumsi kurma. Mengonsumsi 1 buah kurma per hari juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda seumur hidup. Kurma dikenal cukup efektif melindungi mata dari rabun senja.

Kurma tidak mengandung lemak, namun kandungan karbohidratnya dapat menghasilkan energi yang tinggi, karena mengandung fruktosa dan glukosa. 

Begitu besar manfaat kurma, hingga para wanita Arab sering menggunakan kurma sebagai formulasi untuk menjaga kehalusan kulit. Mereka gemar menyantap kurma, menyajikan pada tamu sebagai tanda penghormatan, juga menggunakannya untuk pelengkap masakan.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Kurma, Meningkatkan Energi sampai Menjaga Kesehatan Jantung (Bagian 2)