Aneka Manfaat Buah Lai, dari Meredakan Migrain sampai Menangkal Radikal Bebas (Bagian 2)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Lai, dari Meredakan Migrain sampai Menangkal Radikal Bebas - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menambah nafsu makan

Mengonsumsi buah lai dapat membantu meningkatkan nafsu makan, atau mengembalikan nafsu makan yang hilang. Hal itu dimungkinkan, karena buah lai mengandung thiamin dan vitamin B1 yang menjadikan nafsu makan meningkat. 

Namun, karena tujuannya adalah untuk meningkatkan nafsu makan, tentunya Anda tidak perlu mengonsumsi buah lai terlalu banyak, agar perut tidak kenyang duluan.

Menurunkan risiko anemia

Buah lai memiliki kandungan folat yang disebut vitamin B9, yang memiliki peran penting dalam membantu produksi sel darah merah. Vitamin B9 sangat baik dalam mengurangi atau menurunkan risiko anemia atau kekurangan sel darah merah.

Meredakan migrain

Migrain atau pusing kepala sebelah dapat diatasi dengan mengonsumsi buah lai. Hal itu dimungkinkan, karena buah ini memiliki kandungan riboflavin yang merupakan vitamin B, yang dapat membantu mengatasi sakit kepala atau pusing karena migrain. Buah lai bahkan menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan riboflavin tinggi, mencapai 29%.

Mencegah dan mengatasi stres

Di dalam tubuh kita, ada hormon yang mempengaruhi suasana hati, yang disebut serotonin. Hormon tersebut dapat aktif saat dipengaruhi oleh vitamin B6. Berdasarkan studi, orang yang mengalami depresi umumnya kekurangan vitamin B6. 

Dalam hal ini, buah lai memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat memasok kebutuhan tubuh terhadap vitamin itu, untuk mengaktifkan serotonin. Hasilnya, mengonsumsi buah lai akan dapat mencegah atau mengurangi stres.

Meningkatkan energi

Tidak jauh beda dengan durian, buah lai memiliki kandungan lemak dalam karbohidrat. Karbohidrat adalah nutrisi untuk meningkatkan energi. Konsumsi karbohidrat yang cukup akan meningkatkan kebutuhan energi Anda.

Menjaga kesehatan pencernaan

Buah lai memiliki kandungan serat yang baik dalam membantu menjaga kesehatan organ pencernaan, terutama usus. Selain itu, buah lai juga mengandung senyawa antacid yang efektif dalam mengatasi rasa nyeri pada lambung.

Menambah berat badan

Buah lai cocok bagi Anda yang kebetulan ingin menambah berat badan, karena buah ini memiliki kandungan kalori sangat tinggi, selain juga karbohidrat yang tinggi. Karenanya, jika ingin berat badan bertambah, Anda bisa menjadikan buah ini sebagai konsumsi harian.

Mengatasi sulit tidur

Jika pikiran tidak tenang, Anda bisa terkena insomnia atau sulit tidur, karena tidur memang membutuhkan perasaan tenang dan tenteram. Jika Anda kebetulan mengalami susah tidur akibat pikiran, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah lai. 

Kandungan triptopan dalam buah ini membantu menenangkan pikiran Anda, menurunkan kadar stres, sehingga Anda bisa lebih mudah tidur.

Menangkal radikal bebas

Buah lai memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas, sekaligus membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Catatan:

Tidak jauh beda dengan durian, buah lai memiliki kandungan gula tinggi, juga lemak dan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu, buah lai juga memiliki kandungan alkohol, meski dalam kadar rendah. 

Berdasarkan kenyataan itu, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi buah ini, karena bisa menimbulkan dampak yang tidak baik. Kalau pun terpaksa—misal karena ngidam—sebaiknya konsumsilah dalam jumlah terbatas.

Selain itu, penderita diabetes atau asam urat, juga sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini. Jika tetap ingin mengonsumsi, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter, agar mengetahui takaran yang pas, agar tidak menimbulkan efek negatif.