Aneka Manfaat Bengkuang, Mengatasi Sariawan sampai Membantu Awet Muda (Bagian 3)

Share:

Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Bengkuang, Mengatasi Sariawan sampai Membantu Awet Muda - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menjaga sistem kekebalan

Sistem imunitas atau kekebalan tubuh dapat dibantu dan ditingkatkan dengan mengonsumsi bengkuang. Kandungan vitamin C dan beberapa phytonutrien yang terdapat dalam bengkuang dapat membantu sistem kekebalan tubuh lebih baik, sehingga lebih mampu menghindari serangan berbagai macam infeksi maupun penyakit yang disebabkan virus, bakteri, maupun mikroorganisme yang berbahaya.

Mengatasi penyakit beri-beri

Bengkuang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit beri-beri yang disebabkan kekurangan vitamin B1 (thiamin). Untuk tujuan tersebut, bengkuang dapat dikonsumsi sebagai jus, atau diparut untuk diambil sari airnya, dan diminum pada pagi hari setelah sarapan atau siang setelah makan.

Penangkal biang keringat

Untuk memanfaatkan bengkuang sebagai sarana mengatasi biang keringat, caranya adalah sebagai berikut.

Potonglah bengkuang secukupnya, lalu diparut. Tambahkan air pada hasil parutan, dan aduk hingga rata. Setelah itu, peras adonan parutan seperti Anda sedang membuat santan. Biarkan air perasan tersebut selama beberapa menit, hingga ampasnya mengendap. 

Hasil endapan ampas akan berubah menyerupai tepung. Selanjutnya, oleskan tepung endapan ampas tersebut pada daerah kulit yang terkena biang keringat. Lakukan rutin setiap malam, hingga biang keringat hilang sama sekali.

Menghambat proses penuaan

Dalam sebuah penelitian, 30 responden yang diberi kapsul berisi ekstrak isoflavon kedelai tempe selama tiga bulan ternyata memiliki kulit lebih kenyal dibanding kelompok yang tidak diberi ekstrak isoflavon. Hormon estrogen yang terdapat dalam isoflavon kedelai tersebut dapat menghambat penuaan secara alami, dengan cara yang murah dan mudah. 

Selain terdapat pada kedelai, isoflavon juga terdapat pada bengkuang. Karenanya, serupa dengan kedelai, kandungan dalam bangkuang juga dapat menghambat proses penuaan. Selain itu, isoflavon juga berkhasiat untuk mencegah kanker prostat pada kaum pria.

Mencerahkan kulit

Selain dapat dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan, bengkuang juga sudah lama dikenal dapat membantu perawatan kecantikan. Kandungan vitamin E dalam bengkuang sangat baik membantu menjaga kecantikan kulit, sehingga tampak lebih cerah. 

Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda bisa memarut bengkuang secukupnya, lalu jemur hingga kering. Setelah itu, campurkan parutan bengkuang tadi dengan air mawar, dan jadikan sebagai masker wajah. 

Mengurangi bintik hitam

Bengkuang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan atau mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah. Caranya adalah dengan menjadikan bengkuang sebagai masker. 

Kupaslah bengkuang, lalu parut secukupnya, dan tempelkan pada wajah sebagai masker hingga merata, dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat, dan diikuti air dingin. Lakukan 3-4 kali seminggu.

Dapat dijadikan bedak

Bengkuang ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat bedak dingin yang menyegarkan. Jika Anda tertarik ingin mencoba membuat, berikut ini caranya.

Siapkan 1 sendok makan jeruk nipis, 100 gram tepung beras, dan 2 buah bengkuang berukuran sedang.

Bersihkan bengkuang, kemudian parut sampai halus. Saring parutan bengkuang tersebut dan ambil airnya, lalu diamkan selama 3-4 jam agar sari bengkuang mengendap di dasar wadah. 

Kemudian, ambil sari bengkuang atau pati bengkuang itu, dan campurkan dengan tepung beras serta jeruk nipis. Tambahkan wewangian seperti bunga mawar, daun pandan, atau daun suji, lalu bentuklah menjadi bulatan-bulatan, dan pipihkan serta keringkan bulatan tadi hingga dua jam.

Cara menggunakannya, tinggal mengambil bulatan-bulatan tersebut dan melarutkannya dalam air dingin.