Aneka Manfaat Bengkuang, Mengatasi Sariawan sampai Membantu Awet Muda (Bagian 2)

Share:

Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Bengkuang, Mengatasi Sariawan sampai Membantu Awet Muda - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengatasi diabetes

Diabetes adalah penyakit yang bersifat kronis atau menahun, yang terjadi akibat kekurangan insulin absolut atau relatif, dan karena meningkatnya konsentrasi glukosa dalam darah. Upaya pengobatan yang biasa dilakukan adalah pemberian insulin. 

Namun, upaya lain yang tak kalah penting adalah menjaga keseimbangan konsumsi makanan. Pengaturan makanan dan aktivitas fisik merupakan cara terbaik agar kadar gula dalam darah tetap dalam keadaan normal.

Selain menjalani pengobatan dengan resep dan obat dokter, bengkuang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pengobatan tersebut, karena buah ini dapat membantu mempertahankan kenormalan kadar gula dalam darah. 

Kandungan serat dalam bengkuang dapat menurunkan kadar gula dalam darah, karena diserap secara perlahan, dan tidak semuanya diubah menjadi glukosa. Untuk tujuan itu, bengkuang dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, atau dapat pula diparut untuk kemudian disaring dan diambil sari airnya, untuk diminum setiap pagi dan malam hari.

Mengatasi sariawan

Sariawan umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin C, alergi, atau penurunan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dalam bengkuang dapat bertindak sebagai antioksidan yang membantu mempercepat proses penyembuhan penderita sariawan. Untuk tujuan itu, bengkuang dapat dikonsumsi dalam bentuk jus yang ditambah madu dan air secukupnya.

Sebagai fitoestrogen alami

Fitoestrogen sangat dibutuhkan kaum wanita, untuk mempertahankan kualitas hidup hingga usia tua. Ketika seorang wanita memasuki masa menopause, hormon estrogen tidak lagi diproduksi oleh tubuh, atau hanya diproduksi dalam jumlah relatif kecil. Hal itu menjadikan wanita mulai mengalami kemunduran fisik, di antaranya kulit lebih cepat mengeriput, serta organ tulang mulai rapuh dan mudah patah.

Karena itulah, wanita—khususnya yang telah memasuki masa menopause—perlu mengonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen setiap hari. Bengkuang adalah salah satu makanan yang mengandung fitoestrogen, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sudah memasuki masa menopause, agar keluhan yang terjadi dapat dihindarkan atau diminimalkan.

Menurunkan kadar kolesterol

Trigliserida dan kolesterol adalah fraksi lemak yang biasa terdapat dalam darah. Dalam jumlah yang tepat, lemak sangat penting untuk tubuh, karena lemak merupakan zat yang kaya energi untuk proses metabolime tubuh. 

Namun, dalam jumlah yang berlebihan, lemak (trigliserida dan kolesterol) bisa menyebabkan penyakit serius seperti atherosklerosis, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Kadar trigliserida dan kolesterol total dalam darah yang dianjurkan adalah kurang dari 200 mg/dl. Jika jumlahnya melebihi batas tersebut, maka perlu diwaspadai dan dilakukan upaya terapi untuk menurunkannya. Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan melakukan pengaturan makanan secara baik dan benar. 

Selain itu, mengonsumsi jus bengkuang juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, karena kandungan air dan serat di dalamnya. Selain serat dan kadar air, bengkuang juga memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.

Mengurangi produksi asam lambung

Gangguan asam lambung adalah masalah yang terjadi karena pola hidup dan pola makan yang berubah. Gangguan ini biasanya terjadi pada orang yang sibuk bekerja, sehingga sering melalaikan waktu makan. 

Apabila produksi asam lambung semakin meningkat, akbatnya adalah rasa mual dan muntah, nyeri pada ulu hati, rasa lemah, nafsu makan menurun, bahkan sakit kepala. Jika tidak segera diobati, masalah itu dapat menyebabkan terjadinya peradangan atau bahkan luka dalam perut yang disebut ulkus peptikum.

Untuk mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan, dianjurkan untuk memperbanyak makan buah dan mengurangi makanan yang berminyak dan pedas, yang dapat merangsang produksi asam lambung. 

Selain itu, mengonsumsi bengkuang dapat membantu mengatasi masalah asam lambung, karena sifat umbinya yang dingin serta sifat alkali bengkuang cepat meyerap asam lambung yang berlebih.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Bengkuang, Mengatasi Sariawan sampai Membantu Awet Muda (Bagian 3)