Aneka Manfaat Bengkuang, Mengatasi Sariawan sampai Membantu Awet Muda (Bagian 1)

Share:

Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, terutama di daerah Meksiko. Sejak masa lampau, bengkuang tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan, namun juga sebagai bagian obat-obatan. Suku Aztec, misalnya, diketahui memanfaatkan biji tanaman bengkuang sebagai obat-obatan.

Pada abad ke-17, Spanyol membawa tanaman bengkuang ke Filipina, hingga akhirnya menyebar ke seluruh Asia dan Pasifik. Tanaman bengkuang masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon, dan sejak itu bengkuang mulai dibudidayakan di negeri ini, khususnya di daerah Jawa dan Madura, serta wilayah lain yang ada di dataran rendah.

Bengkuang mengandung berbagai zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan, terutama vitamin dan mineral. Vitamin C adalah vitamin yang paling banyak terdapat dalam bengkuang. Sedangkan mineral yang terkandung dalam bengkuang di antaranya fosfor, zat besi, kalsium, dan lain-lain. 

Bengkuang juga mengandung kadar air sangat tinggi, sehingga dapat menyegarkan tubuh orang yang mengonsumsinya, serta menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk menghilangkan deposit lemak yang mengeras dan terbentuk di beberapa bagian tubuh. Karena itu pula, bengkuang pun dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut ini kandungan gizi per 100 gram bengkuang:
  • Energi: 55 kal
  • Protein: 1,4 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Karbohidrat: 12,8 gr
  • Kalsium: 15 mg
  • Fosfor: 18 mg
  • Vitamin A: 0 SI
  • Vitamin B1: 0,04 mg
  • Vitamin C: 20 mg
  • Besi: 0,6 mg 

Selain dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan, bengkuang juga telah dikenal dalam membantu merawat kecantikan. Sejak lama, bengkuang telah dimanfaatkan sebagai masker, sabun wajah, pelembap, hingga losion. Karena memiliki kandungan air yang tinggi, bengkuang pun memberi efek melembapkan. 

Bengkuang juga mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin, yang merupakan tabir surya alami untuk mencegah kulit rusak oleh radikal bebas. Sementara zat fenolik dalam bengkuang efektif dalam menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat, dapat dicegah dan dikurangi.

Berikut ini uraian lebih lengkap mengenai manfaat bengkuang dalam hal menjaga kesehatan dan menunjang kecantikan.

Mengatasi wasir

Wasir atau ambeien terjadi karena adanya gangguan di sekitar dubur, sehingga pembuluh darah melebar dan membengkak. Pada wasir yang cukup berat, penderita biasanya mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan, dan gatal-gatal. 

Yang agak jadi masalah, wasir dapat kambuh lagi meski telah diobati, karena sangat terkait dengan kebiasaan makan, minum, dan buang air besar.

Bengkuang mengandung serat yang dapat membantu mengatasi wasir, karena salah satu manfaat serat adalah membantu melancarkan saluran pencernaan dan pengeluaran feses. Karenanya, mengonsumsi bengkuang dapat mengurangi rasa sakit yang biasa dialami penderita wasir. Untuk tujuan itu, bengkuang dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, yang diminum setiap bangun tidur pada pagi hari.

Mengatasi demam

Demam terjadi karena adanya suatu mekanisme pertahanan tubuh (respons imun) terhadap zat asing (bibit penyakit) yang masuk ke dalam tubuh. Keberadaan zat asing tersebut merangsang sistem pertahanan tubuh, sehingga merangsang aktivitas sel imunitas (sel makrofag dan limfosit T) untuk memeranginya. 

Sel imunitas memerangi zat asing yang masuk ke tubuh dengan meningkatkan proteolisis yang menghasilkan asam amino, yang berperan dalam pembentukan antibodi atau sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi resisten dan kuat menghadapi bibit penyakit.

Namun, dampak yang kemudian terjadi adalah tubuh secara otomatis akan mengeluarkan pirogen (zat penyebab demam). 

Kemudian, pirogen membawa pesan melalui reseptor dalam hipotalamus, sehingga terjadi reaksi penaikan suhu tubuh dengan cara menyempitkan pembuluh darah tepi, dan menghambat sekresi kelenjar keringat. Akibatnya pengeluaran kalor menurun, dan suhu tubuh jadi meningkat. Kondisi itulah yang lalu membuat kita mengalami demam.

Bengkuang memiliki sifat dan khasiat mendinginkan, sehingga dapat membantu menurunkan demam. Untuk tujuan itu, bengkuang dapat dikonsumsi secara langsung, atau dalam bentuk jus yang diminum pada pagi dan sore.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Bengkuang, Mengatasi Sariawan sampai Membantu Awet Muda (Bagian 2)