8 Makanan yang Membantu Rambut Lebih Sehat


Rambut kadang memiliki beberapa masalah, di antaranya ketombe, kusam, atau mudah rontok. Selama ini, kita mungkin biasa mengatasi berbagai masalah rambut dengan memilih sampo yang tepat, atau datang ke salon untuk perawatan. Namun, sebenarnya, ada berbagai makanan yang dapat kita konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan rambut kita.

Mengonsumsi makanan yang tepat, yang mendukung kesehatan rambut, sama pentingnya dengan perawatan rambut dari luar melalui sampo dan kondisioner. 

Karenanya, jika Anda kebetulan mengalami masalah rambut, jangan hanya terfokus pada perawatan dari luar, tapi dukung pula dengan perawatan dari dalam. Salah satunya dengan memilih makanan yang tepat untuk kesehatan rambut. Berikut ini di antaranya.

Wortel

Wortel mampu menutrisi rambut, karena merupakan sumber vitamin A. Vitamin itulah yang akan membuat rambut terhindar dari berbagai masalah seperti ketombe, dan membantu kulit kepala lebih sehat, serta menjaga kelembapan rambut Anda.

Tiram dan daging sapi

Kedua makanan tersebut juga berpengaruh besar dalam menyediakan nutrisi yang dibutuhkan rambut, karena kandungan seng yang dimilikinya. Seng berfungsi dalam mencegah rambut rontok yang sering melanda kesehatan rambut.

Daging ayam dan telur

Daging ayam dan telur ayam memiliki peran besar dalam menyediakan nutrisi untuk rambut. Daging ayam merupakan sumber protein, sedangkan telur merupakan sumber vitamin B12 dan B7. Keduanya membantu mendorong pertumbuhan rambut, serta mencegah rambut rontok.

Salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3, vitamin B12, serta zat besi, yang dapat membantu memperindah rambut Anda. Rutin mengonsumsi salmon dapat membuat rambut lebih bersinar, menjaga kesehatan kulit kepala, hingga rambut terlihat lebih sehat dan terawat.
    
Aneka sayuran hijau

Sayuran hijau semacam bayam, kangkung, serta sawi, merupakan sumber vitamin A dan C yang tinggi. Fungsi kedua vitamin tersebut adalah membantu memperkuat akar rambut, untuk menghindari rambut rontok atau kebotakan dini.
    
Kacang kedelai 

Kacang kedelai membantu dalam menyediakan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Kandungan protein, zat besi, serta seng, dalam kacang kedelai berperan besar dalam menguatkan rambut dari akarnya.