8 Makanan Penting Sekaligus Sehat untuk Orang Berusia 40-an

Share:

Penelitian menyebutkan, bahwa energi yang terbakar ketika beristirahat akan menurun ketika Anda memasuki usia 30 tahun. Setiap hari, penurunan tersebut berlanjut secara berkala sebanyak 7 persen. 

Artinya, jika Anda tetap makan dalam jumlah seperti ketika masih remaja, maka bisa jadi lemak akan semakin menumpuk dalam tubuh, yang berakibat kegemukan. Kenyataan itulah yang banyak dialami orang-orang berusia 40-an. Mereka mungkin heran mendapati tubuhnya makin gemuk, padahal asupan makanan mereka tidak bertambah. 

Menjadi gemuk di usia tua jelas tidak baik untuk kesehatan, karena berbagai penyakit bisa mengancam tubuh Anda. Untungnya, hal itu bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang bisa mengatasinya. Berikut ini di antaranya.

Oat

Oat mengandung serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, oat juga memiliki antioksidan unik yang mencegah pembentukan plak dalam dinding arteri.

Ceri

Ceri adalah buah-buahan yang tepat untuk dikonsumsi orang berusia 40-an, karena buah ini ampuh melawan beberapa kondisi di usia paruh baya, seperti encok dan nyeri sendi. Selain itu, ceri juga kaya antioksidan bernama anthocyanin.

Almond

Almond bisa dipilih sebagai camilan sehat, karena kacang ini mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol. Selain menurunkan kolesterol jahat, almond juga berkhasiat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Ikan berminyak

Ikan berminyak semacam salmon, makarel, tuna, sarden, dan hering, mengandung omega-3 yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko arrhythmia (jantung berdetak tidak teratur).

Kedelai

Kedelai mengandung senyawa isoflavon yang berfungsi menurunkan kolesterol, meningkatkan kepadatan tulang pada wanita menopause, dan memperbaiki kesuburan pria. 

Tomat

Kandungan likopen dalam tomat merupakan antioksidan pencegah kanker. Selain itu, senyawa tersebut juga berfungsi melindungi pembuluh darah dari penggumpalan. Baik mentah atau dimasak, tomat adalah salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi orang berusia 40-an.

Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang membantu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Susu juga mampu menghambat penurunan massa otot, terutama saat Anda bertambah tua dan memasuki usia 50 tahun.

Ayam

Daging ayam adalah sumber protein yang baik. Protein berperan dalam menjaga berat badan dan pembentukan otot. Akan lebih bagus jika Anda mengonsumsi daging ayam dengan menghindari bagian lemaknya.