7 Cara Alami untuk Mempertahankan Wangi Alami Tubuh Tanpa Parfum

Share:

Tubuh yang sehat dan bersih merupakan keinginan setiap orang, terlebih jika beraroma wangi sepanjang waktu. Tidak heran bila banyak orang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk perawatan tubuh seperti minyak wangi, atau yang kerap dikenal dengan parfum.

Namun berbagai macam produk parfum hanya membuat tubuh wangi untuk sementara waktu saja. Dan hal ini tidak mengatasi masalah utama, yaitu bagaimana cara menjaga aroma tubuh agar tidak menyebabkan bau badan.

Bau badan merupakan masalah serius bagi setiap orang. Selain dapat merusak penampilan yang sudah rapi, bau badan juga dapat menghilangkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, berbagai cara pun dilakukan untuk membuat tubuh agar tetap wangi.

Bagaimana cara menjaga tubuh wangi tanpa mempergunakan parfum? Yuk simak kiatnya di bawah ini.

1. Memperhatikan Konsumsi Makanan

Makanan hijau seperti bayam dan sayuran hijau lainnya banyak mengandung klorofil yang membuat tubuh beraroma segar alami. Sebaliknya bahan makanan yang tergolong pedas seperti bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah dapat menyebabkan bau badan semakin parah.

Bau badan yang kurang enak akan merembes dari pori-pori kulit setelah Anda mengkonsumsi makanan tersebut. Cobalah sebisa mungkin untuk mengkontrol makanan Anda, batasi asupan makanan yang mengandung rempah dan memperbanyak konsumsi air putih yang mengandung banyak mineral.

2. Mandi Secara Teratur

Cara berikutnya untuk menjaga tubuh tetap wangi adalah dengan mandi secara teratur. Mandi secara rutin dua kali dalam sehari dapat menghilangkan debu dan keringat yang menempel di tubuh setelah seharian beraktivitas. Dengan begitu bakteri dan kuman nakal pun dijamin tidak akan menempel di tubuh Anda.

Mandilah dengan benar, tidak sekedar membasahi tubuh dengan air saja, tetapi secara teratur menggosok tubuh secara keseluruhan dan membersihkan lipatan-lipatan pada tubuh dengan menggunakan sabun.

Saat ini sudah tersedia banyak jenis sabun di pasaran, baik yang mengandung pewangi ataupun tidak. Pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

Selesai mandi, jangan lupa untuk mengeringkan tubuh secara seksama. Jangan lupa juga untuk mengganti handuk Anda secara berkala.

3. Rutin Menggunakan Lulur Atau Scrub Seminggu Sekali

Orang dewasa secara aktif melepaskan 50.000 sel kulit mati setiap menitnya sebagai bagian dari peremajaan sel. Tetapi banyak dari kulit mati tersebut yang menyumbat pori-pori. Lulur atau scrub berfungsi mengangkat sel kulit mati dan sekaligus juga mengeluarkan debu beserta kotoran yang terjebak dalam pori-pori tersebut.

Sel kulit mati diyakini berpengaruh dalam pertumbuhan bakteri. Karena itulah dengan rutin menggunakan lulur atau scrub seminggu sekali, Anda akan mengangkat sel-sel kulit mati yang akan menyebabkan kulit terlihat makin sehat dan membantu menambah wangi tubuh.

4. Menggunakan Pewangi Pakaian

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan pewangi pakaian. Kini sudah tersedia banyak pilihan pewangi dan pelembut pakaian di supermarket terdekat, yang menawarkan keharuman yang tahan lama dengan berbagai aroma yang menyenangkan. 

Pilihlah pewangi dan pelembut pakaian yang sesuai dengan aroma alami tubuh Anda, ataupun dengan citarasa wewangian yang Anda sukai. Dijamin, Anda akan tetap segar dan wangi sepanjang hari tanpa parfum.

5. Pilihlah Pakaian yang Memiliki Serat Alami

Tidak hanya mempergunakan pakaian yang wangi, Anda perlu juga memperhatikan bahan pakaian yang akan Anda pergunakan. 

Pilihlah pakaian yang memiliki serat alami seperti linen, katun dan sutra, yang akan membuat kulit mampu ‘bernafas’ sehingga bakteri sulit berkembang. Pakaian pun harus dijaga agar tetap dalam keadaan bersih. Jika Anda berpikir bahwa mengganti pakaian hanya akan menumpuk cucian, Anda salah besar. 

Bakteri diyakini gampang berkembang biak di pakaian yang telah dipakai seharian, sehingga kita wajib untuk mengganti pakaian secara rutin agar terhindar dari bakteri yang gampang menyebabkan bau badan. Jangan malas ya!

6. Menjaga Kelembapan Kulit

Jika menginginkan tubuh yang terjaga wanginya, hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah untuk selalu menjaga kelembapan kulit. Tidak hanya dari luar saja, tetapi juga menjaganya dari dalam. Bagaimana caranya? Dengan banyak minum air mineral, serta merawat kulit dengan menggunakan lotion dan pelembap agar kulit Anda terhindar dari problem kulit kering.

Jika Anda rutin melakukan hal ini, maka secara tidak langsung kulit Anda akan mengeluarkan aroma alami yang sudah harum dan Anda pun tidak membutuhkan parfum lagi.

7. Olahraga Secara Rutin

Selain beberapa tips di atas, tips ampuh berikutnya adalah berolahraga secara rutin. Kok agak aneh ya? 

Ternyata rutin berolahraga bisa menghindarkan Anda dari bau badan. Karena saat kita berolahraga tersebut, biasanya keringat yang dikeluarkan justru membantu mengeluarkan bakteri dan kuman yang ada di pori-pori Anda. Dengan begitu, badan Anda dijamin fresh dan jauh dari bau badan yang tidak sedap.