6 Tips Merawat Kulit Pria Usia 40 Tahunan agar Tetap Awet Muda

Share:

Memasuki usia 40 tahun, kulit mulai mengalami kemunduran. Berbagai masalah kulit mulai mucul. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan ekstra agar kulit tetap sehat dan awet muda. 

Perawatan kulit memang dibutuhkan dalam setiap tahapan usia. Namun, kondisi kulit yang mengalami penurunan menjelaskan mengapa pria di usia 40 tahun juga kian membutuhkannya.

Nah, berikut enam tips merawat kulit untuk pria yang memasuki usia 40 tahun. Kira-kira bagaimana tipsnya? Baca ulasannya di bawah ini.

1. Rajin mencuci wajah

Setelah beraktivitas seharian, wajah akan menjadi kotor karena banyak debu yang menempel. Oleh karena itu, mencuci wajah menjadi langkah penting untuk merawat kulit agar tetap sehat dan awet muda.

Ketika mencuci wajah, pastikan kamu menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Pastikan juga kamu membersihkan wajah dengan cara yang benar.

2. Gunakan tabir surya tiap kali keluar rumah

Ketika usiamu menginjak 40 tahun, paparan sinar UV bisa melemahkan kolagen di kulit. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa memicu berbagai penyakit kulit seperti kanker hingga penuaan dini.

Menggunakan tabir surya saat akan melakukan aktivitas di luar ruangan dapat membantumu mengurangi resiko tersebut. Gunakan produk tabir surya yang mengandung minimal SPF 30.

3. Lakukan eksfoliasi pada kulit

Menginjak usia 40 tahun, butuh waktu lebih lama untuk menghilangkan sel kulit mati. Biasanya, siklus hidup sel kulit berlangsung sekitar 28 hari. Namun, seiring bertambahnya usia, siklus tersebut akan semakin lama.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu melakukan eksfoliasi. Kamu bisa menggunakan toner pengelupas yang lembut beberapa kali seminggu. Jangan lupa mencuci wajah untuk menjaga wajah tetap segar dan prima.

4. Jangan lewatkan serum antioksidan

Antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari polutan lingkungan dan membuatnya tampak awet muda. Jumah antioksidan alami di kulit akan menurun seiring bertambahnya usia.

Dengan menggunakan serum, hal tersebut dapat membantu menambah kandungan antioksidan pada kulit. Gunakan serum kaya antioksidan di pagi hari sebelum tabir surya untuk perlindungan berlapis.

5. Jaga kelembapan kulit

Tahukah kamu jika tingkat kelembapan kulit bisa berubah dari hari ke hari? Seiring dengan hilangnya kolagen dan bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan juga menurun.

Kondisi tersebut tentu membuat kulit menjadi kering dan kusam. Penggunaan pelembap pagi dan malam dapat mengatasi masalah kulit yang lebih serius.

6. Perhatikan gaya hidupmu

Selain melakukan serangkaian perawatan, kamu juga perlu memperhatikan gaya hidup sehari-hari. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Hindari junk food karena justru dapat memicu berbagai masalah kulit. Olahraga teratur juga dapat mendukung kesehatan sel kulit dengan membantunya fungsinya lebih optimal.

Itulah enam tips merawat kulit pria usia 40 tahun yang bisa kamu lakukan. Keenam tips tersebut bisa bikin kulit tampak awet muda, lho. Selamat mencoba!