6 Makanan Ini Membantu Kuku Selalu Sehat dan Kuat

Share:

Kuku di jari-jari kita memiliki fungsi yang penting, salah satunya untuk menguatkan jari agar kita bisa menggenggam. Tanpa adanya kuku, jari-jari kita akan kesulitan memegang atau menggenggam sesuatu. 

Selain itu, kuku yang sehat dan kuat juga bisa mendukung penampilan. Karena itulah banyak orang yang sampai melakukan perawatan meni pedi, demi tujuan mempercantik kuku.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kuku yang sehat dan kuat. Sebagian orang mengalami masalah dengan kuku mereka, semisal mudah patah, atau lainnya. Untuk mengatasi masalah semacam itu, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang membantu kuku lebih sehat dan kuat. Berikut ini di antaranya.

Salmon

Ikan salmon mengandung vitamin D dan protein yang dapat membantu kuku tumbuh dengan sehat. Vitamin D merupakan nutrisi kuat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, kulit, dan kuku. 

Protein yang terdapat pada ikan salmon juga dapat mendorong produksi kolagen dalam tubuh, yang membantu pertumbuhan kulit, rambut, dan kuku yang sehat.

Telur

Sebagaimana ikan salmon, telur juga mengandung protein dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan kuku. Selain itu, telur juga kaya vitamin B biotin, yang merupakan salah satu nutrisi ampuh untuk kesehatan kuku, serta nutrisi yang baik untuk kulit dan rambut. Mengonsumsi telur bisa membantu Anda memiliki kuku yang sehat dan kuat.

Daging ayam

Kekurangan protein dapat menyebabkan rambut dan kuku tidak sehat. Daging ayam mengandung protein tinggi, seng, asam amino, dan vitamin B, yang merupakan kombinasi ampuh untuk mendorong pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku yang sehat. Kurangnya protein dapat menyebabkan rambut dan kuku tidak sehat. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung kolesterol baik yang dapat membantu hati menyaring racun dari tubuh. Lemak pada kelapa juga membantu fungsi metabolisme tubuh, serta membantu menyerap nutrisi dari makanan lain.

Bayam

Bayam adalah sayuran yang kaya protein, vitamin E, zat besi, vitamin B seperti folat, dan vitamin A. Vitamin A dan folat adalah nutrisi yang baik untuk kecantikan, karena berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat memecah kolagen dan mempercepat penuaan dini.

Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E, vitamin B, vitamin A, dan protein nabati. Setiap nutrisi dalam alpukat dapat mendorong kesehatan kuku. Sementara lemak sehat dalam alpukat membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi.