5 Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah, Salah Satunya Ruangan Gelap

Share:

Nyamuk adalah salah satu serangga yang mengganggu kenyamanan. Selain itu, nyamuk juga jadi penyebab penyakit demam berdarah dan malaria pada manusia. Oleh karena itu, kita harus mencegah nyamuk datang ke rumah kita. Namun, tahukah kamu penyebab nyamuk bisa datang ke rumah?

Padahal bisa jadi kita sudah menguras kamar mandi dan membersihkan rumah secara rutin. Karena hal tersebut, kita perlu mengetahui penyebab nyamuk datang ke rumah. Karena kemungkinan ada hal terlewat di sekitar rumah pemicu nyamuk terus berdatangan. Yuk, simak berikut ini.

1. Tumpukan Barang

Tumpukan barang yang ada di rumah begitu disukai nyamuk, karena area tumpukan barang tersebut cenderung lebih lembap dan gelap. Biasanya, nyamuk bisa kita temukan di area tumpukan pakaian dan tumpukan barang-barang bekas.

Oleh karena itu, kita perlu memeriksa kondisi di kedua area tersebut. Pastikan, ketika sudah memasuki musim hujan, barang bekas yang tidak bisa dipakai segera dibuang. Sedangkan pakaian yang ada di gantungan segera diberesi.  Selain itu, gunakanlah semprotan pembasmi nyamuk agar nyamuk segera pergi dari tempat tersebut.

2. Ruangan yang Gelap

Seperti yang disebutkan sebelumnya, nyamuk menyukai tempat lembab dan gelap. Termasuk ruangan yang ada di rumah yang dibiarkan gelap. Kegelapan ruangan biasanya juga memicu ruangan tersebut lebih lembab daripada ruangan lainnya.

Oleh karena itu, pastikan setiap ruangan mempunyai jendela agar udara dan sinar matahari bisa masuk. Jika ruangan tersebut adalah gudang, bersihkanlah gudang secara rutin agar tidak banyak nyamuk yang bersarang di sana.

3. Tumpukan Sampah

Selain tumbukan baju dan barang-barang bekas, penyebab nyamuk ada di rumah kita adalah tumpukan sampah. Tumpukan sampah yang menggunung dan tidak segera dipersihkan akan membuat bau tidak sedap di sekitar rumah dan nyamuk akan berkumpul di situ.

Kita sebaiknya mengelola sampah dengan baik, pastikan sampah dibersihkan secara rutin agar tidak menumpuk. Lebih baik lagi, jika kita bisa memilah-milah sampah untuk didaur ulang.

4. Tanaman Liar

Jika mempunyai halaman rumah, tidak ada salahnya mengecek bagian sudut yang ditumbuhi tanaman liar. Nyamuk juga suka bersembunyi di antara dedaunan tanaman liar yang tumbuh lebat.

Jika tanaman liar tersebut dikerubungi nyamuk, segera bersihkan dan ganti dengan tanaman yang bisa mengusir nyamuk. Kita bisa menggantinya dengan tanaman herbal yang tidak disukai nyamuk, seperti mint, bunga geranium, serai, selasih, dan lain-lain.

5. Genangan Air

Penyebab lainnya kenapa rumah kita didatangi nyamuk adalah karena ada genangan air di sekitar rumah. Seperti kita ketahui, genangan air jadi tempat berkembang biak oleh nyamuk.

Genangan air jika tidak segera dibersihkan akan jadi tempat tinggal jentik-jentik nyamuk yang menjijikkan. Oleh karena itu, segera atasi genangan air yang ada di sekitar rumah, jangan biarkan nyamuk berkembang biak di sana.

Nah, itulah penyebab kenapa nyamuk bisa datang ke rumah kita dan mengganggu kenyamanan kita di rumah. mulai dari tumpukan barang sampai karena genangan air di sekitar rumah.