5 Kemampuan Unik dan Menakjubkan yang Ternyata Dimiliki Tanaman


Berbeda dengan hewan atau manusia yang bisa bergerak ke mana pun, tanaman adalah makhluk hidup yang hanya berdiam di satu tempat. Sejak tumbuh pertama kali hingga berkembang dan terus membesar, tanaman tidak berpindah tempat, ia tetap ada di tempatnya semula.

Meski begitu, tanaman bukan makhluk yang tak bisa melakukan apa pun. Nyatanya, tanaman bahkan bisa melakukan hal-hal unik dan menakjubkan, yang mungkin belum pernah kita bayangkan. Berikut ini di antaranya.

1. Tanaman yang bisa membalas dendam

Seperti yang kita tahu, tanaman dan serangga memiliki hubungan yang sangat penting. Tanaman memberikan nektar, dan sebagai imbalannya serangga menyerbuki tanaman. Tapi apa yang terjadi jika serangga tidak mematuhi sistem kerjasama tersebut? Apa yang akan tanaman lakukan? Mengajukan keluhan? Meminta serangga untuk pergi?

Serangga cukup banyak mendapatkan keuntungan dari kesepakatan itu. Mereka bisa makan gratis, dan mungkin mendapatkan beberapa serbuk sari. 

Pohon ara punya kemitraan dengan tawon tertentu, yang disebut lebah Ara. Tawon butuh tanaman ini karena kebutuhan pangan, dan bertelur di buah. Sebagai gantinya, tawon diharapkan melakukan penyerbukan buah sehingga pohon dapat bereproduksi.

Pohon ara tidak bisa bereproduksi tanpa tawon, dan tawon tidak bisa hidup tanpa pohon ara. Bagaimana jika tawon tidak peduli? Dia makan dari pohon Ara dan tidak melakukan penyerbukan? Maka pohon ara akan membalas dengan membunuh keluarganya!

Para peneliti bereksperimen dengan memperkenalkan tawon non-produktif (tawon yang tidak membawa serbuk sari) buah ara. Tawon begitu saja pergi setelah makan dari pohon ara dan meninggalkannya tanpa melakukan penyerbukan.

Lalu yang terjadi, sebagian besar buah ara yang belum masak jatuh berguguran, membunuh anak-anak tawon yang belum sempat menetas dan meninggalkan buah.

2. Tanaman yang bergerak lebih cepat dari peluru

Tanaman hampir secara universal didefinisikan oleh ketidakmampuan total mereka untuk bergerak. Anda dapat mengancam tanaman dengan gergaji dan tanaman tidak akan gentar. Atau setidaknya itulah yang Anda pikir.

Sebenarnya, ada cukup banyak tanaman yang bergerak di sekitar kita, dengan kecepatan yang mengejutkan, tapi tetap tidak bisa bangkit dan berjalan pergi. Setiap daun tanaman ini terpasang pada engsel kecil, dan itu benar-benar berkedut dan bergerak di sekitarnya.

Tetapi tanaman tercepat menggunakan kecepatan kilat mereka untuk menyebarkan serbuk sari mereka di sekitar. Tanaman akan benar-benar memicu api serbuk sarinya pada wajah serangga terdekat.

Serbuk sari tanaman ini ditembakkan dalam 15 milidetik dengan hentakan dan kekuatan yang cukup untuk memukul jatuh serangga, atau paling tidak serangga akan sempoyongan mirip orang kena tinju.

Namun tanaman yang mempunyai tembakan paling kuat di dunia adalah pohon murbei, yang dapat meluncurkan serbuk sarinya lebih dari setengah kecepatan suara (hampir 550 km/jam).

Tapi yang mendapatkan gelar "tanaman tercepat" adalah pohon dogwood bunchberry. Meluncurkan serbuk sarinya di bawah satu milidetik. Hampir tidak ada dalam kerajaan hewan yang bisa bergerak lebih cepat dari itu.

Tanaman itu mempercepat mekanisme peluncuran di 2.400 kali gaya gravitasi, atau sekitar 800 kali apa yang mungkin dialami astronot selama lepas landas. 

3. Anggur hutan yang berburu untuk makanannya

Dodder adalah anggur parasit yang tergantung sepenuhnya pada tanaman lain untuk makanannya. Ia tidak memiliki akar atau daun, dan tidak seperti hampir semua tanaman lain, tanaman ini tidak dapat berfotosintesis. Untuk bertahan hidup, tanaman ini perlu menyerap sari makanan dari tumbuhan lain.

Tapi itu tidak sesederhana yang Anda kira. Tanaman ini tidak mendarat di sebuat pohon lalu menancapkan taringnya dan mulai menyerap. Tapi jauh lebih mencengangkan! Dodder si anggur hutan memburu korbannya.

Tes laboratorium menunjukkan tanaman ini dapat mencium bau tanaman lain yang spesifik, dan kemudian tumbuh ke arah mereka.

Dodder memiliki penciuman yang tajam dari "bau", dari bau ia juga dapat membedakan antara tuan rumah yang baik dan yang buruk. Setelah itu ia merayap di batang korbannya, melekat erat, melilit sambil menekankan duri khusus sampai menembus kulit batang, untuk mengisap si mangsa. 

4. Tumbuhan yang bisa memanipulasi kelelawar

Para ilmuwan telah menemukan tanaman yang bisa mengomando kelelawar. Secara khusus, mereka menemukan sebuah pohon anggur Kuba, Marcgravia Evenia, yang telah mengembangkan sejenis satelit mirip daun di atas buahnya.

Fungsinya bukan untuk menangkap sinar matahari, daun ini menghadap lurus ke depan. Ternyata Marcrgavia tergantung secara eksklusif pada kelelawar untuk penyebaran benih.

Masalahnya adalah bahwa kelelawar buta, juga tidak mempunyai penciuman yang bagus, jadi tumbuhan ini punya perangkat canggih pemancar sonar. Dan daun dari tanaman ini menjadi reflektor yang sempurna untuk memancarkan sinyal.

Pengujian menunjukkan bahwa kelelawar menemukan tanaman itu 50 persen lebih cepat dengan adanya daun khusus ini, daripada jika tidak ada daun khusus. Penelitian juga menunjukkan bahwa gema dari daun akan terdengar konstan dan mencolok dari hampir setiap sudut. 

5. Pohon yang punya bom napalm untuk musuh mereka

Ketika datang saat dimana mereka harus melindungi wilayah mereka, pohon-pohon eucalyptus memiliki kebijakan untuk membumihanguskan. Pohon eucalyptus tidak hanya kebal terhadap kebakaran hutan, tapi juga menjadi biang yang menyebabkannya.

Eucalyptus dirancang khusus untuk menjadi pohon yang tetap bisa bertahan setelah amukan api memusnahkan kehidupan hutan di sekitarnya. Ini semua karena mereka memiliki batang yang tersembunyi jauh di dalam kulit-kulit mereka, yang akan keluar saat asap sudah memudar.

Eucalyptus mengandung semacam minyak yang begitu mudah terbakar. Pohon ini benar-benar dapat meledak ketika mereka terbakar, seperti orang menjentikkan puntung rokok ke pompa bensin.

Daun pohon eucalyptus begitu penuh napalm beracun yang tidak bisa dihancurkan serangga dan jamur. Pohon ini juga menghasilkan gas berupa awan abu-abu kebiruan yang menguap, yang bisa naik seperti bola api hingga terjadi reaksi ledakan.