5 Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja dengan Gaji Miliaran per Tahun

Share:

Pemilihan jurusan kuliah tentunya menjadi hal yang sangat penting bagi para siswa SMA. Hal ini dapat mempengaruhi perjalanan karier ketika nantinya sudah lulus dari perguruan tinggi.

Tak ada salahnya untuk selektif dan menyimak berbagai pandangan ketika mempertimbangkannya. Apalagi, menurut Bankrate, ada sejumlah jurusan yang rupanya memiliki prospek mudah dapat pekerjaan, tingkat pengangguran rendah, dan gaji rata-rata per tahunnya tinggi.

1. Teknik Arsitektur

Lulusan Teknik Arsitektur rupanya punya tingkat pengangguran yang rendah, hanya sekitar 1,3 persen. Kemudian, gaji rerata tahunan jurusan ini bisa hingga US$ 90 ribu atau Rp 1,2 miliar.

2. Ilmu dan Teknologi Transportasi

Patut dilirik, lulusan jurusan Ilmu dan Teknologi Transportasi bisa mendapatkan gaji sampai rata-rata US$ 86 ribu atau Rp 1,2 miliarper tahun. Peluang penganggurannya juga tak jauh dari Teknik Arsitektur, hanya sekitar 1,8 persen.

3. Jasa Konstruksi

Bagi yang memang tertarik dengan bidang teknik, mungkin bisa mengambil jurusan Jasa Konstruksi. Per tahunnya, lulusan jurusan ini bisa memperoleh pendapatan hingga US$ 80 ribu atau Rp 1,1 miliar. Tingkat penganggurannya bahkan lebih rendah dari Teknik Arsitektur, yakni kira-kira 1 persen saja.

4. Teknik Dirgantara

Tak melulu jadi pilot atau pramugari, jika menyukai bidang penerbangan, kalian bisa coba melihat jurusan Teknik Dirgantara. Gaji rata-rata per tahunnya bisa capai US$ 100 ribu atau Rp 1,4 miliar. Peluang penganggurannya juga rendah, sekitar 1,9 persen.

5. Teknik Komputer

Lulusan bidang teknologi memang kerap dibutuhkan di dunia kerja. Jebolan Teknik Komputer bisa memperoleh rata-rata gaji per tahun sampai US$ 101 ribu atau Rp 1,4 miliar, mengungguli keempat jurusan di atas. Persentase penganggurannya juga rendah, sekitar 2,3 persen.

Di samping ini, Bankrate juga mengungkapkan sejumlah jurusan kuliah yang ternyata sepi peminat sekaligus punya tingkat pengangguran cukup tinggi. Pertama ada jurusan Psikologi Klinis yang pendapatan per tahunnya sekitar US$ 49 ribu atau Rp 691 juta. Persentase pengangguran jurusan ini sebesar 3,8 persen.

Selanjutnya, ada jurusan Seni Drama dan Teater yang gaji per tahunnya rata-rata US$ 41 ribu atau Rp 579 juta. Tingkat pengangguran jurusan ini sebesar 4,5 persen.

Masih dalam lingkup seni, ada jurusan Seni Rupa yang rerata gaji per tahunnya US$ 38 ribu atau sekitar Rp 536 juta. Tingkat pengangguran jurusan ini setinggi 5,6 persen.

Jurusan terakhir yang sepi peminat dan tingkat penganggurannya cukup tinggi adalah Seni Visual dan Pertunjukan yang pendapatannya US$ 35.500 atau Rp 501 juta. Tingkat penganggurannya adalah 3,6 persen.

Inilah jurusan kuliah yang berpeluang mudah mendapatkan pekerjaan, tingkat penganggurannya rendah, dan prospek gaji per tahunnya tinggi. Pertimbangkan dengan baik sebelum memilih ya!