5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Banyak Orang Saat Musim Hujan


Saat musim hujan, kebanyakan orang mungkin hanya sadar dengan suhu yang lebih dingin dan udara yang lebih lembap. Namun, banyak orang yang tidak sadar 5 hal ini terjadi pada tubuh mereka saat musim hujan.

1. Tekanan darah meningkat

Saat musim hujan, suhu akan menurun. Keadaan itu bisa membuat pembuluh darah di tubuh kita menyempit dan membuat tekanan darah meningkat. Hal itu tidak boleh dibiarkan karena bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung, stroke, gangguan ginjal, hingga penurunan penglihatan.

2. Sakit kepala dan migrain

Saat musim hujan, tekanan udara akan berubah dan cenderung lebih lembap. Suhu juga akan turun dan jadi lebih dingin. Keadaan itu akan membuat syaraf-syaraf di dalam otak mengecil. Nah, hal itulah yang membuat sakit kepala dan migrain muncul.

3. Lebih mudah mengantuk

Saat musim hujan, tubuh kita akan jarang terkena sinar matahari. Padahal, sinar matahari bisa menghentikan produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Karena produksi hormon melatonin tidak berhenti sepenuhnya saat bangun, kita pun jadi mudah ngantuk.

Oh iya, aroma yang ditimbulkan dari air hujan yang mengenai tanah dan tubuhan juga menjadi salah satu penyebab kenapa kita jadi lebih mudah mengantuk di musim hujan.

4. DNA di dalam tubuh akan berubah

DNA di dalam tubuh kita juga akan ikut berubah mengikuti musim. Saat musim hujan, virus penyebab flu akan meningkat. Untuk mengatasi hal itu, DNA kita akan memerintahkan tubuh untuk lebih peka terhadap hal-hal yang bisa menyebabkan flu.

Saat musim kemarau, cairan di tubuh akan berkurang dengan cepat. Di saat seperti itu, DNA akan memerintahkan tubuh kita untuk menahan air agar tidak kekurangan cairan.

5. Kulit jadi lebih kering

Udara dingin yang muncul saat musim hujan akan membuat kulit mudah kering, lipid pelindung kulit juga ada kemungkinan untuk rusak. Jika hal itu terjadi, kulit kita akan lebih kering dan terasa sakit saat musim hujan tiba.

Itulah 5 hal yang bisa terjadi pada tubuh seseorang saat musim hujan, namun sering kali tidak disadari.