5 Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memiliki Asuransi

Share:

Perlukah membeli asuransi? Sebelum membelinya, ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan. Adapun, artikel ini yang akan membahas asuransi jiwa, ya. Buat sebagian orang, memiliki asuransi akan membuat hidup jadi lebih tenang karena bisa meminimalkan pembengkakan biaya jika jatuh sakit.

Well, semua orang gak berharap sakit pastinya. Jika kamu merasa jarang sakit, lalu menganggap sayang telah membayar asuransi, ingat kalau fungsi utamanya adalah proteksi. Lalu, perlukah membeli asuransi? Lima hal di bawah ini bisa jadi pertimbangan buat kamu.

1. Penghasilan

Tinjau kembali penghasilan dan seluruh pendapatan yang kamu terima setiap bulannya. Jika kamu merasa masih punya uang lebih, gak ada salahnya untuk membeli asuransi. 

Jangan berpikir jika asuransi akan menanggung seluruh biaya sakitmu juga, tetapi setidaknya bisa jadi penolongmu di kala terkena musibah. Cek beberapa asuransi yang sekiranya harga preminya sesuai dengan uangmu.

2. Manfaat

Setelah melihat-lihat berbagai jenis asuransi yang ada, kamu perlu mempertimbangkan manfaat apa yang kamu dapat. Sesuaikan premi dengan manfaatnya serta kebutuhanmu karena ketiganya harus sinkron. Buat apa membeli premi dengan manfaat senilai kamar VVIP jika kamar biasa saja cukup? 

Kamu harus pintar dan bijak dalam memilih. Memang gak ada yang sepenuhnya bakal menguntungkanmu, tetapi carilah yang paling sesuai dari segi premi, manfaat, dan kebutuhan.

3. Investasi

Asuransi dengan investasi banyak dijual di masyarakat, bukan asuransi jiwa atau kesehatan murni. Sah-sah saja jika kamu merasa hal tersebut gak merugikanmu. Umumnya, nilai investasi lebih kecil daripada premi dan akan dikelola oleh manajer investasi dari pihak asuransi. 

Namun tenang saja, pada beberapa asuransi, uang yang kamu investasikan boleh diambil kapan saja.

4. Fasilitas

Jika kamu tinggal di kota besar, mungkin saja akan banyak rekanan rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan asuransi. Namun, kalau tinggal di kota kecil, pastikan rumah sakit yang direkomendasikan menjadi rekanan dari pihak asuransi. 

Meskipun bisa dipakai di fasilitas kesehatan bukan rekanan, umumnya proses registrasinya jauh lebih memakan waktu.

5. Reimbursement

Cara klaim asuransi yang populer ada dua, yaitu cashless atau klaim konvensional. Untuk yang kedua, kamu perlu menyiapkan dokumen yang diminta asuransimu, biasanya kelengkapan tagihan. Waktu pencairannya pun cukup memakan waktu sesuai dengan kebijakan. 

Namun, jika ada, asuransi yang menawarkan fasilitas cahsless untuk reimburse akan lebih memudahkanmu. Biasanya, ada kartu yang cukup ditunjukkan. Jika biayanya gak melebihi nilai pertanggungan, kamu gak perlu bayar apa-apa lagi.

Setelah membaca lima hal tentang pertimbangan untuk membeli asuransi, kamu bisa memilih akan membeli atau tidak. Semuanya kembali pada pilihanmu. Ada yang menilai perlu dan tidak. Jadi, gak perlu berdebat, ya.