4 Kota Misterius di Indonesia yang Mirip Wakanda di Film Black Phanter

Share:

Film Black Phanter tidak hanya membuat perhatian banyak orang tertuju pada sosok superhero tersebut, tapi juga tertuju pada tempatnya tinggal, yaitu Wakanda. Tempat itu menarik perhatian, karena keunikannya. Di Benua Afrika yang terkenal miskin dan terbelakang, ternyata ada sebuah kota yang tersembunyi dari pandangan banyak orang, dan kota itu luar biasa kaya sekaligus modern.

Wakanda memiliki peradaban luar biasa, jauh lebih maju dibanding kebanyakan tempat lain di dunia. Meski begitu, keberadaannya tertutup dari pandangan orang luar, karena Wakanda diselimuti tabir yang menyembunyikannya.

Tentu saja Wakanda hanya tempat fiktif, yang hanya ada di film atau komik. Meski begitu, di Indonesia juga ada tempat-tempat yang sama misteriusnya dengan Wakanda, juga dipercaya memiliki peradaban luar biasa sebagaimana Wakanda. Dan seperti juga Wakanda yang tak terlihat dari luar, kota-kota misterius di Indonesia ini juga tak bisa dilihat kebanyakan orang.

Saranjana

Kota yang satu ini pasti sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia, karena Saranjana sudah jadi legenda populer. Entah Wakanda terinspirasi oleh Saranjana atau sebaliknya, namun keadaan keduanya hampir sama. 

Adanya dinding tak kasat mata membuat dua kota itu seolah tidak bisa terlihat mata biasa. Serupa dengan Wakanda, banyak orang percaya kalau Saranjana dihuni oleh penduduk dengan kebudayaan lebih maju ketimbang di luarnya.

Dari cerita yang beredar, banyak yang mengaku sering mendengar suara unik seperti kendaraan serta keramaian saat malam tiba di sekitar gunung Saranjana, saat malam tiba. Bahkan, yang paling aneh, penduduk kota ini sempat memesan serta membayar lunas beberapa kendaraan besar untuk dikirim ke sana, namun ketika ditemui hanya hutan kosong semata.

Wentira

Di satu daerah di Sulawesi, ada sebuah tugu masuk kota namun didirikan di sekitar belantara. Usut punya usut, tugu berwarna kuning itu adalah tanda masuk ke kota Wentira, sebuah kawasan tak kasat mata yang melegenda. Banyak yang bilang kalau Wentira adalah sebuah kota jin, namun banyak juga yang mengatakan kalau penghuninya manusia.

Namun, yang membuat beda adalah peradabannya yang dianggap lebih maju ketimbang daerah-daerah lain di Indonesia. Orang-orang sekitar percaya kalau penduduk Wentira akan muncul pada waktu-waktu tertentu, memakai pakaian kuning dengan segala kendaraan canggih yang belum pernah dilihat.

Padang 12

Serupa dengan kota yang lain, Padang 12 sering dihubung-hubungkan dengan hal gaib dan misterius. Itu bukan hal yang aneh, mengingat sudah banyak orang yang mendengar keunikannya. Terletak di sekitar Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, daerah ini dipercaya tidak bisa dilihat mata manusia biasa.

Namun, menurut penduduk setempat, banyak terdengar suara kendaraan lalu lalang dan keramaian pada waktu-waktu tertentu. Suatu waktu, penduduk Padang 12 (suku Limun) dipercaya sempat datang ke pasar untuk membeli barang, namun mereka membayarnya menggunakan rempah-rempah. Uniknya, keesokan harinya, rempah itu berubah jadi emas.

Kota Paloh

Kembali ke Kalimantan, satu lagi kota misterius yang ada di sana. Kota atau kerajaan Paloh juga punya pamor yang besar di sana. Seolah ditutupi oleh dinding tak kasat mata, banyak orang percaya daerah ini punya peradaban yang berkali-kali lebih maju ketimbang lainnya.

Bahkan di kota itu ada pemerintahan sendiri yang masih berbentuk kerajaan. Karena itu banyak yang menganggapnya sebagai kerajaan gaib, lantaran juga banyak kejadian orang hilang atau kapal hilang di sekitar sana.