15 Makanan yang Membantu Mengecilkan Perut dan Pinggang

Share:

Perut dan pinggang mudah ditumbuhi lemak, sehingga buncit dan melar. Perut buncit dan pinggang melar adalah dua hal yang sangat dijauhi banyak orang. Karena itu pula, banyak orang yang berusaha mengecilkan perut dan merampingkan pinggangnya, salah satunya dengan rajin berolahraga dan menjaga makanan.  

Selain olahraga, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang Anda inginkan juga terletak pada makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda sedang menjaga pola makan untuk tujuan mengecilkan perut dan pinggang, pilihlah makanan sehat yang rendah lemak, memiliki serat yang tinggi dan protein. Hal itu dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dan membantu menyehatkan tubuh.

Para ahli kesehatan mengatakan, Anda harus memiliki persediaan makanan yang mengandung banyak serat untuk melancarkan pencernaan. Berikut ini makanan-makanan yang bisa Anda pilih untuk sering-sering dikonsumsi, karena bisa membantu tujuan Anda—mengecilkan perut, dan merampingkan pinggang.

Buah beri

Golongan buah beri, yaitu stroberi, bluberi, rasberi, dan lainnya, sangat baik untuk tubuh, karena mengandung vitamin C yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, buah beri mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan fungsi usus. Anda juga akan merasa kenyang dalam jangka waktu lama bila mengonsumsi buah beri.

Paprika

Mengonsumsi paprika tiga puluh menit sebelum makan akan dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda hingga 25 persen, juga dapat membantu pembakaran kalori secara lebih cepat. Mengonsumsi paprika sebelum makan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Kubis

Kubis merupakan sumber yang kaya vitamin K, yang penting untuk tubuh. Selain membantu Anda cepat kenyang, kubis juga menjauhkan Anda dari kembung.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang mete, almond, dan lainnya, sangat baik dikonsumsi karena mengandung lemak tak jenuh. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur lebih mungkin menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Oatmeal

Bagi orang-orang yang sadar diet, oatmeal termasuk makanan favorit, karena dapat membantu mengurangi lemak berlebih di bagian perut. Selain memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan, oatmeal juga membantu menjaga kadar gula darah, sehingga Anda tidak lapar secara tiba-tiba.

Telur

Penelitian mengungkapkan, telur mengalahkan karbohidrat dalam hal mengenyangkan, dan bisa membuat kita tahan untuk tidak memakan cemilan. Karena itulah, telur mampu membantu menurunkan berat badan hingga 65 persen. Anda bisa menjadikan telur sebagai menu sarapan.

Cabai

Rasa pedas pada cabai memang kadang meningkatkan nafsu makan, hingga kita makan lebih banyak. Namun, berdasarkan penelitian, capsaicin yang terkandung dalam cabai mampu menurunkan selera makan dan mengurangi jumlah makanan di kemudian hari. Selain itu, capsaicin pada cabai juga dapat menghilangkan cadangan lemak.

Buncis

Buncis merupakan sumber protein yang kaya antioksidan yang disebut flavonoid. Dalam penelitian selama 14 tahun, terbukti flavonoid bisa membantu menurunkan akumulasi lemak yang berlebih pada perut.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Bawang putih juga bermanfaat dalam mencairkan lemak, membantu mengurangi lemak di hati, membantu detoksifikasi tubuh, dan mengurangi perut kembung.

Salmon

Ikan salmon adalah sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3, yang penting untuk kesehatan mata, jantung, dan fungsi otak. Selain itu, salmon juga membantu mempercepat metabolisme tubuh, karena dapat membakar lemak lebih cepat dan lebih efisien.

Alpukat

Alpukat tidak hanya enak, namun juga membantu mengecilkan perut. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan hormon penunda lapar yang disebut leptin. Hormon itu bisa membuat otak Anda berpikir kalau tubuh sudah kenyang, sehingga Anda berhenti makan.

Semangka

Selain segar, semangka juga membantu tubuh menyingkirkan kelebihan lemak dengan membantu proses detoksifikasi, dan membantu pengeluaran kelebihan air pada tubuh.

Yoghurt

Yoghurt sudah terkenal sebagai makanan yang bermanfaat untuk sistem pencernaan. Yoghurt mengandung bakteri baik, laktobasilus, yaitu bakteri yang membantu pencernaan dan merangsang gerakan usus yang tepat. 

Yoghurt rendah lemak dapat membantu Anda terlihat lebih ramping dengan mengurangi perut kembung yang mungkin disebabkan karena penyakit pencernaan. 

Cokelat hitam

Cokelat hitam memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari dampak kenaikan berat badan, termasuk menjauhkan penyakit stroke dan jantung. Mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang juga membantu Anda mengontrol makanan yang akan Anda makan.

Minyak zaitun

Berbeda dengan jenis minyak lain, minyak zaitun mengandung lemak tunggal tak jenuh yang disebut asam oleik. Asam itu memicu proses yang secara langsung dapat memerintahkan otak berpikir Anda telah kenyang, hingga Anda berhenti makan. Minyak zaitun juga berperan dalam diet gaya Mediteranian yang menyehatkan jantung.